Brilio.net - Ketika melamar pekerjaan salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah surat pengantar atau cover letter. Cover letter adalah surat yang kamu kirimkan bersamaan dengan Curiculum Vitae atau resume saat melamar pekerjaan. Tujuan dari surat pengantar adalah untuk memperkenalkan diri dan memberikan gambaran singkat tentang karier, kualifikasi, dan motivasi kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Cover letter juga dapat menunjukkan profesionalisme, minat, dan kesesuaian kamu dengan perusahaan yang dituju. Surat pengantar biasanya terdiri dari tiga atau empat paragraf yang ditulis dengan bahasa yang formal, jelas, dan sopan. Surat pengantar dapat meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil ke tahap selanjutnya, seperti wawancara atau tes.

Selain bahasa Indonesia, cover letter dalam bahasa Inggris juga kini banyak dilirik oleh recruiter. Tak sedikit juga perusahaan yang mewajibkan para pelamar untuk menggunakan bahasa Inggris dalam cover letter dan CV yang dicantumkan. Cover letter bahasa Inggris ini bisa dijadikan referensi kamu hendak melamar pekerjaan.

Berikut sembilan contoh cover letter bahasa Inggris yang baik dan benar, lengkap dengan pengertian dan strukturnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/11).

Apa itu cover letter?

contoh cover letter bahasa inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Cover letter adalah surat pengantar dikirimkan bersamaan dengan CV (Curriculum Vitae). Surat ini memiliki struktur yang sederhana dibandingkan dengan Curriculum Vitae. Cover letter bertujuan untuk memperkenalkan diri dan memberikan gambaran singkat tentang karier, kualifikasi, dan motivasi kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Cover letter juga dapat menunjukkan profesionalisme, minat, dan kesesuaian kamu dengan perusahaan yang kamu tuju. Cover letter biasanya terdiri dari tiga atau empat paragraf yang ditulis dengan bahasa yang formal, jelas, dan sopan. Cover letter dapat meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil untuk tahap selanjutnya.