Brilio.net - Ketika hendak melamar pekerjaan, kamu pasti diminta menyertakan dokumen yang menunjukkan identitas diri kamu sebagai pelamar. Umumnya terdapat dua jenis dokumen yang diminta oleh recruiter ketika kamu melamar pekerjaan yaitu curriculum vitae (CV) dan resume.

CV dan resume memiliki tujuan yang sama yaitu sama-sama memperkenalkan diri kamu kepada recruiter. Namun jika ditelusuri lebih jauh kedua dokumen ini memiliki perbedaan. Lantas apa saja perbedaan CV dan resume tersebut? Berikut perbedaan CV dan resume beserta pengertiannya yang bisa kamu jadikan referensi, seperti telah dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/7).

Apa itu curiculum vitae (CV)?

Perbedaan CV dan resume © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang memuat informasi tentang latar belakang pribadi, perjalanan karier, dan riwayat hidup seseorang. Secara umum, CV digunakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan yang mencakup berbagai informasi penting seperti pengalaman kerja, kemampuan, dan riwayat pendidikan.

Tak hanya itu, dalam CV kamu bisa mencantumkan berbagai prestasi yang telah kamu capai seperti kejuaraan dalam bidang akademik, penghargaan selama berkarier, serta sertifikasi dan riwayat course/kursus yang pernah kamu ikuti. Namun perlu diingat dalam mencantumkan prestasi kamu harus memerhatikan apakah relevan dengan posisi yang kamu lamar.