Brilio.net - Saat melamar pekerjaan kamu pasti diminta untuk membuat atau menyertakan daftar riwayat hidup. Jika selama ini kamu pikir menulis daftar riwayat hidup itu tidak penting dan asal jadi sebaiknya ubah cara pandang kamu. Sebab, daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) punya peran penting bagi para pelamar kerja maupun yang telah menjadi karyawan.

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan hal pertama yang dinilai oleh recruiter apakah kamu layak untuk dipertimbangkan bergabung dengan perusahaannya atau malah sebaliknya. Pada prinsipnya CV memainkan peran yang sangat penting bagi karyawan dalam proses pencarian pekerjaan dan kemajuan kariernya.

CV atau daftar riwayat hidup yang baik dan terstruktur dengan baik membantu karyawan untuk memperkenalkan diri, menyoroti pendidikan dan keterampilan, menampilkan pengalaman kerja, menggambarkan keahlian dan kemampuan, membuktikan kredibilitas, menyampaikan komitmen dan motivasi, serta menjadi alat pembanding dalam seleksi karyawan. Dengan menyajikan informasi yang relevan dan terperinci, CV membantu karyawan untuk meningkatkan peluang mereka dalam mencapai tujuan karier.

Berikut peran daftar riwayat hidup bagi karyawan, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/7).