Apa itu resume?

Perbedaan CV dan resume © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Tak jauh berbeda dengan CV, resume merupakan dokumen yang berisikan informasi singkat tentang diri kamu dan penjelasan singkat terkait alasan kenapa recruiter harus memilih kamu. Pada dasarnya resume berupa rangkuman tentang pengalaman kerja hingga riwayat singkat mengenai diri kamu. Dan umumnya resume selalu lebih singkat, padat, dan hanya terdiri dari satu halaman saja.

Nah jika kamu ingin membuat resume maka hal yang paling sering digunakan adalah kamu harus fokus pada pengalaman kerja terbaru dengan kualifikasi yang relevan bagi kamu. Contohnya ketika kamu melamar pekerjaan di bidang content writer dengan pengalaman 1 tahun, tetapi pada 2 atau 3 tahun sebelumnya kamu pernah bekerja sebagai Customer Service atau Sales maka kamu hanya perlu mencantumkan pengalaman saat satu tahun terakhir yaitu sebagai Content Writer dan tidak perlu mencantumkan pengalaman sebagai Customer Service.

Umumnya resume selalu ditampilkan pada email lamaran kerja sebab sebagai tahap awal dalam perekrutan. Nah supaya kamu tak bingung bagaimana urutan isi resume berikut hal yang patut ada dalam resume:

- Nama lengkap

- Deskripsi singkat

- Jabatan atau nama posisi yang dilamar

- Informasi kontak

- Pengalaman kerja

- Riwayat pendidikan

- Keterampilan yang relevan

- Bahasa dan kemahiran

Pada dasarnya dalam menyusun resume harus berisi penjabaran singkat tentang diri kamu, penjelasannya pun bisa dalam bentuk paragraf maupun poin per poin yang terpenting resume yang kamu buat tersebut tersusun dengan rapi dan mudah dibaca.

Perbedaan CV dan resume.

Perbedaan CV dan resume © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

- Perbedaan dari segi sifat dokumen

CV kerap berisi penjabaran tentang diri kamu yang lebih panjang dan kualifikasi yang diminta pun lebih tinggi, seperti posisi akademisi, ilmuwan, atau profesional pada bidang tertentu.

Sementara itu, resume lebih tepat digunakan untuk melamar posisi pekerjaan yang lebih umum dan tidak membutuhkan kualifikasi tinggi atau pengalaman kerja yang panjang, seperti posisi administratif, manajerial, atau di bidang jasa atau freelance.

- Perbedaan dari segi struktur penulisan.

Format penulisan CV umumnya tersusun lebih formal, statis dan terstruktur sedangkan resume umumnya lebih fleksibel atau bebas tergantung pada posisi yan kamu lamar.

- Perbedaan dari segi tujuan

CV bertujuan merangkum seluruh kualifikasi yang kamu miliki mulai dari data diri, riwayat pendidikan, prestasi, sertifikat kemampuan/skill yang kamu miliki, dan kursus yang pernah kamu ikuti. Sementara resume merupakan dokumen yang dapat disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar sehingga resume hanya sebagai ringkasan tentang daftar riwayat hidup kamu yang digunakan khusus untuk melamar satu jenis pekerjaan saja.

- Perbedaan dari segi jumlah halaman.

Curriculum vitae (CV) biasanya berisi tentang informasi lengkap tentang riwayat hidup kamu dengan panjang dokumen sekitar 2 sampai 3 halaman tergantung sebanyak apa pengalaman kamu. Sedangkan resume hanya cukup 1 halaman saja.