Contoh kata majemuk endosentris lengkap dengan pengertiannya © 2023 brilio.net

Contoh kata majemuk endosentris lengkap dengan pengertiannya
pexels.com

Kata majemuk endosentris adalah jenis kata majemuk yang memiliki satu kata inti yang menjadi pusat arti dari keseluruhan kata. Arti kata majemuk endosentris dapat dipahami dengan menganalisis arti dari bagian-bagian pembentuknya.

Menelisik pandangan ahli linguistik, kata majemuk endosentris adalah kata majemuk yang memiliki unsur inti atau pokok yang memberikan makna pada seluruh kata majemuk tersebut. Unsur inti ini juga disebut dengan sebutan head atau nucleus.

Contoh kata majemuk endosentris adalah "kuda laut" yang terdiri dari unsur "kuda" dan "laut", namun maknanya hanya bisa dipahami jika ada unsur "kuda".

Tak jauh dari pemahaman tersebut, jika ditelusuri dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata majemuk endosentris adalah gabungan dari dua kata yang berupa unsur inti (head) dan penjelas (modifier) yang pengertiannya dapat dipahami jika mengacu pada arti kedua unsur penyusunnya.

Misalnya, kata majemuk "kuda laut" terdiri dari unsur inti "kuda" dan penjelas "laut" sehingga maknanya adalah "ikan yang berbentuk seperti kuda".

Dalam kedua pengertian tersebut, inti dari kata majemuk endosentris adalah unsur yang lebih penting dan memberikan makna utama pada keseluruhan kata majemuk. Oleh karena itu, unsur inti ini diletakkan di depan atau di awal kata majemuk. Sedangkan unsur penjelas diletakkan di belakang atau di akhir kata majemuk dan berfungsi untuk memberikan informasi tambahan atau penjelasan mengenai unsur inti tersebut.