Brilio.net - Ketika kamu membaca suatu teks seperti laporan observasi atau teks-teks pada umumnya pasti menemukan kata-kata yang menghubungkan antara suatu objek dengan objek lainnya. Dimana dalam struktur kalimat tersebut menghubungkan objek dengan keterangan seperti kata 'adalah, atau, ialah dan sebagainya'. Nah jika ditelusuri jenis kata tersebut dalam kaidah bahasa Indonesia dikenal sebagai kata kerja relasional.

Nah kata kerja relasional ini kerap digunakan dalam dalam suatu teks bahasa Indonesia. Tapi sayang, banyak orang yang tak mengenali jenis kata kerja relasional ini. Untuk memahami kata kerja relasional ini sebenarnya tidak terlalu sulit sebab hanya dengan mengetahui pengertian, struktur maupun contoh katanya saja kamu sudah bisa memahami kata kerja relasional ini.

Nah langsung saja, berikut pengertian, jenis, struktur, dan 75 contoh kata kerja relasional yang mudah digunakan dalam teks kalimat bahasa Indonesia. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (17/4).

Pengertian kata kerja relasional dalam bahasa Indonesia

Contoh kata kerja relasional pengertian dan strukturnya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kata kerja relasional adalah jenis kata kerja yang menggambarkan hubungan antara suatu objek atau entitas dengan objek atau entitas lainnya. Kata kerja relasional biasanya menghubungkan subjek dengan objek atau keterangan, dan menggambarkan sifat atau status hubungan antara keduanya.

Kata kerja relasional dapat membantu dalam memahami cara berpikir kita tentang dunia dan bagaimana kita mengorganisasikan pengalaman kita. Dengan menggunakan kata kerja relasional, kita dapat menjelaskan bagaimana suatu objek atau entitas saling terkait dan bagaimana mereka mempengaruhi satu sama lain.

Contoh kata kerja relasional antara lain: menjadi, merupakan, terdiri dari, menjadi bagian dari, berkaitan dengan, memiliki hubungan dengan, terhubung dengan, dan sebagainya. Misalnya, "Buku itu terdiri dari 200 halaman", "Awan itu terhubung dengan cuaca buruk", "Rumah itu menjadi bagian dari kota ini", dan sebagainya.

Kata kerja relasional juga sering digunakan dalam konteks ilmu pengetahuan, seperti fisika dan matematika, untuk menggambarkan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda. Dalam fisika, misalnya, kita menggunakan kata kerja relasional seperti "berkaitan dengan" dan "terhubung dengan" untuk menjelaskan bagaimana fenomena-fenomena alam terkait satu sama lain.

Pemahaman yang tak jauh berbeda, ditelusuri dari kamus linguistik, kata kerja relasional adalah kata kerja yang menunjukkan relasi atau hubungan antara dua unsur kalimat. Dalam kamus linguistik tersebut, kata kerja relasional dijelaskan sebagai kata kerja yang menggambarkan relasi antara subjek dengan predikat atau antara objek dengan predikat.

Ahli linguistik Halliday dan Matthiessen juga menjelaskan bahwa kata kerja relasional adalah jenis kata kerja yang menggambarkan relasi atau hubungan antara dua unsur dalam kalimat. Menurut mereka, kata kerja relasional ini terkait dengan konsep struktur yang dikenal sebagai Sistem Transitivitas.

Sistem Transitivitas ini digunakan untuk mengkategorikan kata kerja dalam bahasa Inggris, namun dapat diterapkan juga dalam bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia. Dalam Sistem Transitivitas ini, kata kerja relasional dikategorikan sebagai transisi, yaitu kata kerja yang menghubungkan dua unsur kalimat dan menggambarkan hubungan atau relasi antara keduanya.

Dalam penelitian linguistik, kata kerja relasional sering dibedakan dengan kata kerja material atau proses, yang menggambarkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek pada objek. Sebagai contoh, kata kerja material adalah "memakan" dalam kalimat "Ani memakan nasi", sedangkan kata kerja relasional adalah "adalah" dalam kalimat "Ani adalah mahasiswa".

Struktur kalimat dengan kata kerja relasional

Contoh kata kerja relasional pengertian dan strukturnya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kalimat dengan kata kerja relasional memiliki struktur dasar sebagai berikut:

Subjek + Kata Kerja Relasional + Predikat

Contoh kalimat dengan kata kerja relasional adalah sebagai berikut:

1. Ayam goreng adalah hidangan favorit keluarga saya.
(Subjek: Ayam goreng, Kata Kerja Relasional: adalah, Predikat: hidangan favorit keluarga saya)

2. Komodo merupakan spesies hewan kadal terbesar di dunia.
(Subjek: Komodo, Kata Kerja Relasional: merupakan, Predikat: spesies hewan kadal terbesar di dunia)

3. Pohon kelapa terdiri dari batang, daun, dan buah.
(Subjek: Pohon kelapa, Kata Kerja Relasional: terdiri dari, Predikat: batang, daun, dan buah)

Dalam setiap kalimat dengan kata kerja relasional, subjek berfungsi sebagai pihak yang dijelaskan dan predikat berfungsi sebagai penjelas tentang subjek tersebut. Sementara itu, kata kerja relasional berfungsi untuk menghubungkan subjek dengan predikat, dan menjelaskan hubungan yang terdapat di antara keduanya.