Brilio.net - Tanpa disadari orang sering menggunakan jenis kalimat emotif untuk menggambarkan perasaan kepada orang lain. Jenis kalimat ini cenderung membantu seseorang untuk mengekspresikan diri pada sekitarnya.

Tak jarang juga kalimat emotif bisa mendatangkan tidak sepahaman apabila tidak digunakan dengan baik. Selain itu, menggunakan kalimat emotif pada beberapa kesempatan seperti ketika berbicara dengan orang lain, maupun mengupdate status di media sosial bahkan dalam sebuah teks diskusi. Kalimat emotif berfungsi sebagai kalimat yang menerangkan kondisi mental seseorang, perasaan yang dirasakan, maupun menegaskan situasi kepada orang lain.

Saat melakukan diskusi orang cenderung mengekspresikan emosi kepada lawan bicara. Nah penggunaan kalimat emotif dalam teks diskusi juga penting untuk dipelajari agar memahami sudut pandang orang lain, ketika membahas suatu masalah atau menghidupkan berjalannya suatu diskusi.

Dalam mempelajari kalimat emotif dalam teks diskusi yaitu dengan memahami contoh kalimat emotif itu sendiri. Ketika mempelajari contoh kalimat emotif ini kamu akan lebih mudah menguasai materi tentang kalimat emotif.

Selain mempelajari contoh kalimat emotif, kamu juga perlu mempelajari pengertian dan ciri-ciri kalimat emotif. Langsung saja berikut 40 contoh kalimat emotif dan ciri-cirinya, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/4).