Brilio.net - Kata kerja aksi sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Tanpa disadari kata kerja aksi ini pun kerap kita ucapkan namun tak tahu bagaimana menempatkan kata tersebut dapat struktur kalimat.

Kata kerja aksi memiliki kedudukan penting dalam teknis penulisan. Umumnya kata kerja aksi ini dapat menunjukkan suatu tindakan, baik secara fisik maupun mental.

Memahami kata kerja aksi dalam bahasa Indonesia dapat membantu kamu memahami cara dan meletakkan kata yang benar pada suatu fungsi struktur kalimat dengan benar dan tepat. Selain itu, dengan memahami kata kerja aksi ini kamu akan lebih mudah menyusun kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Terlebih dapat memahami gaya penulisan yang berkembang dan tidak membosankan.

Nah berikut pengertian, ciri dan contoh kata kerja aksi dalam bahasa Indonesia, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (23/4).

Pengertian kata kerja aksi

Contoh kata kerja aksi beserta pengertian dan jenisnya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kata kerja aksi atau verb dalam bahasa Indonesia adalah kata yang menyatakan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh pelaku dalam suatu kalimat. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata kerja adalah kata yang menggambarkan suatu tindakan atau keadaan, atau memberikan informasi tentang subjek atau objek dalam kalimat.

Ahli linguistik dari berbagai disiplin ilmu juga memberikan definisi yang serupa mengenai kata kerja aksi. Menurut mereka, kata kerja aksi adalah kata yang menjelaskan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh pelaku dalam suatu kalimat, serta memberikan informasi tentang waktu, aspek, modus, dan bentuk lainnya dalam bahasa.

Kata kerja aksi memainkan peran penting dalam bahasa, karena membantu kita untuk menggambarkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek dalam suatu kalimat. Dalam suatu kalimat, kata kerja aksi biasanya diikuti oleh objek atau keterangan tambahan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang tindakan atau aktivitas yang sedang dilakukan oleh pelaku.