Bahasa Indonesia memiliki berbagai jenis kalimat. Salah satunya adalah kalimat atau paragraf yang berisi tentang pendapat atau gagasan dilengkapi dengan alasan yang kuat. Jenis kalimat atau paragraf tersebut seringkali disebut dengan argumen.

Kalimat argumen menjadi alat yang digunakan penulis untuk meyakinkan pembaca atau pendengar tentang suatu pandangan atau pendapat.

Tanpa argumen yang kuat, sebuah tulisan akan kehilangan daya persuasifnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk menyusun argumen yang baik adalah salah satu keterampilan yang sangat berharga dalam dunia penulisan.

Tujuan dari disampaikannya suatu argumen adalah untuk memengaruhi orang lain agar dapat menerima ide, pendapat atau pernyataan yang dikemukakan.

Agar lebih jelas mengenai kalimat argumen, berikut penjelasan lengkapnya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (26/9).

Pengertian kalimat argumen.

Contoh kalimat argumen  © 2023 brilio.net

Contoh kalimat argumen
freepik.com

Secara umum argumen merupakan suatu upaya yang disengaja untuk bergerak lebih dari sekadar membuat pernyataan. Saat memberi argumen, seseorang menawarkan serangkaian pernyataan terkait yang mewakili upaya untuk mendukung pernyataan utama.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, argumen adalah alasan yang bisa digunakan untuk memperkuat suatu pendapat. Argumen juga bisa digunakan untuk menolak suatu pendirian, ide pikiran atau gagasan.

Secara garis besar, argumen adalah sekumpulan pernyataan yang terdapat premis untuk mendukung suatu pernyataan lain, dan digunakan untuk menemukan sebuah kesimpulan. Sehingga memberikan suatu argumen, sama saja dengan memberikan kumpulan premis untuk dijadikan alasan sebagai kesimpulan.