Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ada sebuah teks yang sengaja dibuat untuk menjelaskan sebab akibat sebuah peristiwa. Ketika kamu menonton atau membaca berita pasti ada penjelasan mengenai proses terjadinya peristiwa tersebut. Nah, teks tersebut dinamakan teks eksplanasi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Teks eksplanasi bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan secara jelas kepada pembaca.

Di dalam teks eksplanasi harus memuat proses, sebab dan akibat suatu kejadian. Berikut penjelasan hingga contoh soal teks eksplanasi lengkap dengan jawabannya, dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (20/9).

Pengertian eksplanasi.

Contoh soal tentang teks eksplanasi © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses 'mengapa' dan 'bagaimana' kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya dapat terjadi. Kejadian alam yang dimaksud berupa tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Sedangkan dengan kejadian sosial berupa aksi demonstrasi, tawuran, peperangan dan lain-lain.

Ciri-ciri teks eksplanasi.

Contoh soal tentang teks eksplanasi © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

- Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual)

- Hal yang dibahas, yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan

- Sifatnya informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas

- Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. contohnya tsunami, banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya.