Brilio.net - Secara umum penulisan penyebutan gelar pada nama seseorang sudah ada sejak lama. Gelar ini kemudian digunakan untuk membedakan seseorang berdasarkan fungsinya di masyarakat seperti tuan, nyonya, nona, haji, pegawai, lulusan sarjana, dan masih banyak lagi. Cara penulisan gelar perlu diperhatikan agar penulisannya tepat. Jika salah penulisan, pasti maknanya juga berbeda.

Gelar adalah sebutan atau ungkapan yang digunakan sebelum dan sesudah nama seseorang untuk menunjukkan statusnya, misalnya gelar pekerjaan seseorang, gelar untuk penulis karya kreatif, atau gelar pendidikan seseorang.

Contoh seseorang yang memiliki gelar adalah kata seperti ‘Tuan’, ‘Nyonya’, ‘Sarjana’, atau ‘Dokter’ yang digunakan di depan atau di belakang nama mereka sendiri untuk menunjukkan status atau profesi mereka. Seseorang yang telah selesai menempuh pendidikan kedokeran maka akan dianugerahi gelar Dr.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) Edisi V untuk menggantikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan atau EYD adalah pedoman resmi yang dipergunakan bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Penulisan nama gelar yang sesuai EYD adalah salah satu hal yang sering salah. Padahal, nama dan gelar tidak boleh ditulis dengan sembarangan. Mengapa begitu? Karena terdapat beberapa kaidah yang harus diikuti agar penulisan nama dan gelar benar dan tepat.

contoh soal penulisan nama gelar © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Berikut cara menulis nama gelar sesuai dengan EYD, yaitu;

a. Antara nama orang dan gelar, dipisah dengan tanda koma

b. Gelar ditulis dengan tanda titik sebagai pemisah antar singkatan gelar

c. Jika terdapat lebih dari satu gelar, maka di antara gelar tersebut dipisah dengan tanda koma

Contoh penulisan nama gelar yang mengikuti aturan di atas:

1. Dian Kusuma, S.Kom

2. Dian Kusuma, S.Kom., M.Kom.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh soal penulisan nama gelar sesuai dengan EYD, berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai macam sumber, Selasa (27/9).

(brl/lin)