Brilio.net - Kalimat tanya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Pasalnya, kalimat tanya tak hanya sering keluar pada pelajaran bahasa Indonesia tapi juga sering dipakai pada kehidupan sehari-hari.

Kalimat tanya bertujuan untuk mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu hal. Bisa menanyakan seseorang atau benda, perbuatan, situasi dan lain sebagainya. Selain itu pada kalimat tanya selalu diakhiri tanda tanya (?).

Kalimat tanya memiliki ciri-ciri dan jenis tertentu yang membedakan dengan kalimat lainnya. Lantas apa pengertian dari kalimat tanya, ciri-ciri hingga contoh penggunaannya?

Berikut contoh kalimat tanya, ciri hingga pengertiannya yang sudah dirangkum oleh brilio.net Kamis (6/10).

Pengertian kalimat tanya.

63 contoh kalimat tanya © 2022 berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pengertian kata tanya dalam kalimat berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya. Menurut KBBI, pengertian kalimat tanya ialah kalimat yang mengandung intonasi dan makna pertanyaan. Biasanya kalimat tanya berhubungan dengan waktu, tempat, bahkan hal-hal lain yang mungkin tidak diketahui. Kalimat tanya juga kerap digunakan untuk memperhalus sebuah pertanyaan, ketika anda akan bertanya pada orang lain.

Magang: Cut Raudhatus Syafiqah Alhamidy

(brl/jad)