Brilio.net - Kata kiasan sering dijumpai dalam percakapan sehari-hari. Kebanyakan kata kiasan sudah dipahami oleh masyarakat. Saat mendengar kata kiasan, orang tidak akan mengartikannya sesuai dengan arti kata yang diucapkan. Melainkan ada makna lain atau makna tersembunyi dari kata tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kias diartikan sebagai perbandingan atau sejenisnya. Makna kias diartikan sebagai makna kata atau ungkapan yang mengandung asumsi. Kata kiasan adalah sebuah ungkapan kata-kata yang digunakan bukan untuk arti kata yang sesungguhnya. Kata kiasan bukanlah kata yang baku, melainkan hanya kata non formal yang diucapkan dengan maksud tertentu.

Kata kiasan disebutkan sebagai kata yang mempunyai makna konotatif atau bukan makna yang sebenarnya. Makna kata kiasan mengandung arti pengibaratan atau pengandaian pada kata yang diucapkan tersebut. Kata kiasan bisa terbentuk sebagai makna perbandingan atau persamaan pada suatu hal yang lain.

Berikut ini brilio.net kutip dari berbagai sumber pada Rabu (20/9), 75 contoh kata kiasan dalam bahasa Indonesia dan maknanya serta pengembangannya menjadi sebuah kalimat.

Contoh kata kiasan dan maknanya...