Brilio.net - Ketika sudah menjadi siswa akan banyak tuntutan untuk mendapatkan banyak sekali mata pelajaran. Setiap mata pelajaran yang disampaikan oleh guru bersangkutan juga memiliki peranan penting untuk para siswa. Salah satunya adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa yang berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan Indonesia. Selain itu, melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa mampu untuk menyampaikan gagasan, perasaan, dengan disertai kemampuan analitif dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

Tentunya bagi pelajar SMP, mata pelajaran Bahasa Indonesia diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester 1, terdapat setidaknya ada tiga bab yang mesti dikuasai. Bab tersebut antara lain:

Bab I: Teks Laporan (Melaporkan hasil percobaan)
Bab II: Teks Pidato Persuasif (Menyampaikan pidato persuasif)
Bab III: Teks Cerita Pendek (Menyusun cerita pendek)

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal Bahasa Indonesia kelas 9 semester yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (11/10).