Brilio.net - Kosakata cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kosakata merupakan himpunan kata yang diketahui seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari tingkat pendidikan.

Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Sehingga contoh kosakata yang terdapat dalam suatu bahasa digunakan untuk menyusun kalimat. Berikut ini merupakan contoh kosakata dan pembahasannya yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10).

Pengertian kosakata

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Kosakata merupakan perbendaharaan kata atau banyaknya kata-kata yang dimiliki suatu bahasa. Penyusunan kosakata dalam pembentukan kalimat dapat dirangkai secara tertulis ataupun lisan. Hal ini juga terkait dengan jenis-jenis kosakata.

Jenis-jenis kosakata

Menurut frekuensi penggunaannya, kosakata dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Kosakata aktif

kosakata aktif adalah kosakata yang frekuensi penggunaannya sangat sering dipakai dalam berbicara atau menulis.

Contoh kosakata aktif :

- Bunga, Kembang-Berkata

- Matahari - Muka

- Angin - Wajah

- Seperti, sebagai - Tidur

2. Kosakata pasif

Kosakata pasif merupakan kosakata yang frekuensi penggunaannya sangat jarang terpakai, bahkan sudah tidak pernah dipakai sama sekali.

Contoh kosakata pasif :

- Puspa, Kusama - Surya, Mentari

- Bayu, Pawana - Bak, Laksamana

- Kalbu - Sukma

- Nan - Bahari

(brl/far)