Brilio.net - Inflasi tak pelak lagi membuat biaya hidup naik dari tahun ke tahun. Kenaikan biaya hidup sangat terasa bagi kamu yang hidup di kota metropolitan seperti Jakarta atau Surabaya. Gaji sih rasanya tinggi tapi menjadi tiada arti mengingat biaya kebutuhan hidup juga bisa bikin kantong kembang kempis. Familiar dengan kondisi ini?

Padahal kamu sudah kerja dari pagi ke malam sampai-sampai mengabaikan quality time bareng keluarga dan pacar. Bahkan buat me time saja bisa-bisa tak ada waktu. Namun ternyata semua itu tak jua menggembungkan rekening tabunganmu. Situasi ini bisa memunculkan pemikiran, "Enak nih kalau bisa kerja di rumah, nggak habis waktu di kantor, tapi duit yang datang gede." Sayangnya, kamu masih belum bisa melepas pekerjaan utama kamu.

Tenang saja. Buat kamu yang ingin mendapatkan ruang gerak finansial yang cukup, harus berani mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman. Sekarang bukan lagi zamannya orang menyandarkan hidup pada satu pekerjaan saja. Yuk, manfaatkan kemampuanmu untuk menambah pemasukan.

Nah, seperti apa sih cara menambah pemasukan tanpa harus ngantor 8 jam sehari? Yuk, kita simak ulasan brilio.net, Rabu (26/9).

1. Ngisi kursus online.

Nambah pemasukan tanpa ngantor 8 jam sehari? Begini 5 caranya  © 2018 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Gampang dan nggak ribet, kamu bisa mengisi berbagai kursus online yang bertebaran di internet. Berbagai topik seperti pelajaran SMA, kuliah, hingga tema umum seperti ekonomi, sejarah, dan lain-lain bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Kursus online ini biasanya berbasis video atau tatap muka lewat video call. Dengan begitu, kamu tak perlu ngantor hingga 8 jam sehari untuk mendapatkan pemasukan dari mengisi kursus online.

2. Jadi penulis lepas.

Nambah pemasukan tanpa ngantor 8 jam sehari? Begini 5 caranya  © 2018 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Menjadi penulis bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Asal ada pulpen dan kertas, atau laptop buat kamu yang lebih suka ngetik, kamu bisa menulis apa pun. Permintaan menjadi seorang penulis sekarang juga lagi banyak-banyaknya lho. Penulis lepas sering dicari untuk mengisi website, menulis konten, atau membuat review produk tertentu. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa menjadi penulis lepas sebagai pemasukan tambahan.

Kamu yang mempunyai hobi menulis bisa menyalurkan bakatmu dengan ikutan menulis artikel di Together Whatever lewat Brilio Creator. Berbagai tema anak muda bisa kamu pilih seperti gadget, film, musik, spot wisata, hangout, dan lain-lainnya. Kerennya lagi, tulisanmu nanti akan muncul di togetherwhatever.id lho.

Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai hadiak menarik juga. Caranya gampang, kamu bisa memulainya di sini. Temukan juga berbagai inspirasi dan konten menarik di togetherwhatever.id. Yuk, nulis sekarang juga!

3. Bisnis online shop.

Nambah pemasukan tanpa ngantor 8 jam sehari? Begini 5 caranya  © 2018 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Perkembangan media sosial bisa kamu gunakan untuk bisnis online shop lho. Tak perlu mencari modal banyak, kamu bisa memulai bisnis online shop dengan menjadi reseller. Promosi bisa kamu lakukan di media sosial yang kamu gunakan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Pelan tapi pasti, kamu bisa mengembangkan bisnis online shopmu ini dengan menjual produk sendiri. Bisnis online shop bisa jadi pemasukan tambahan tanpa harus ngantor 8 jam sehari.

4. Jadi fotografer.

Nambah pemasukan tanpa ngantor 8 jam sehari? Begini 5 caranya  © 2018 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Menjadi fotografer terkenal tak melulu harus mempunyai kamera canggih yang harganya puluhan juta rupiah. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan kamera smartphone. Tunjukkan karya-karyamu di media sosial. Dari sini, kamu bisa mendapatkan berbagai proyek menarik seperti modelling dari orang yang melihat karyamu. Hobimu menjadi fotografer bisa menghasilkan pundi-pundi uang tanpa kamu sadari.

5. Manfaatkan hobi ketrampilan jadi karya seni.

Nambah pemasukan tanpa ngantor 8 jam sehari? Begini 5 caranya  © 2018 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Keterampilan terpendam bisa kamu olah menjadi pemasukan sampingan lho. Keterampilan seperti menjahit, memahat, menggambar, dan lain-lainnya bisa jadi karya seni yang mempunyai nilai ekonomi lho. Misalnya, kamu bisa membuat berbagai ilustrasi potret orang dengan kemampuanmu menggambar. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat berbagai baju kekinian dari hobi menjahit. Dari hobi ketrampilan, kamu bisa mendapatkan pemasukan dengan mudah.