Brilio.net - Beberapa waktu belakangan ini, banyak orang yang keranjingan mengonsumsi infused water. Minuman yang diklaim sangat sehat ini adalah air putih yang telah ditambahkan dengan potongan buah atau herbal sehingga bisa memberikan sensasi rasa air tertentu.

Dengan rutin meminumnya di pagi hari, menurut praktisi gaya hidup sehat ternyata sangat bermanfaat bagi proses detoksifikasi tubuh, membuang racun, membantu proses diet serta memberikan berbagai manfaat baik lainnya. Kamu pernah mencobanya?

Biasanya sih infused water atau air infus menggunakan potongan buah-buahan seperti stroberi atau lemon lalu dimasukkan dan didiamkan ke dalam air dingin atau air hangat supaya sari buah serta berbagai nutrisi penting keluar bercampur dengan air putih. kelihatannya menyegarkan ya?

Nggak salah kok sebenarnya, infused water memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi menurut dokter gigi, minum air yang dicampur dengan buah-buahan asam ternyata bisa membuat gigi jadi gampang rapuh dan mengeropos. Walah!

Dikutip brilio.net dari dailymail, Rabu (26/8), pengeroposan gigi akibat minum air infus disebabkan karena enamel gigi yang terna asam yang berasal dari lemon asam yang bercampur dengan air. Semakin panas airnya, maka akan semakin berbahaya, lama kelamaan enamel gigi akan habis atau rapuh.

Nggak cuma itu, kamu pun akan mendapatkan gigimu berubah warna menjadi kusam atau berbintik-bintik karena enamel yang makin menipis. Kenapa bisa begitu?

Menurut Damien Walmsley, sang profesor peneliti yang juga adalah penasihat ilmiah dari British Dental Association mengatakan bahwa minuman asam, terutama yang memiliki suhu yang tinggi, sudah terbukti membuat lapisan gigi terkikis. Semakin tinggi suhunya, maka efek erosinya pn akan menjadi lebih parah. Lalu bagaimana meminimalkan dampak buruknya terhadap gigi?

Cara terbaik mengonsumsi air infus adalah dengan meminumnya dengan menggunakan sedotan. Sedotan akan membantu mengurangi kontak antara asam dengan permukaan gigimu, sehingga enamel gigi pun selamat dari risiko pengeroposan.

(brl/gib)