Brilio.net - Setelah seharian beraktivitas, tidur merupakan salah satu cara untuk memulihkan kembali energi yang terkuras. Capek dan ngantuk sih, tapi anehnya begitu berada di atas kasur, eh malah nggak bisa tidur. Mata rasanya pengennya melek terus. Yang ada jadinya malah nggak tidur sampai pagi deh! Bete ya?

Memiliki pola tidur yang buruk memang ngeselin. Selain jadi ngantuk dan lemas keesokan harinya, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Profesor June Pilcher dari University of Clemenson, South Carolina, kebiasaan tidur malam yang buruk ternyata bisa mengikis pengendalian diri seseorang. Bahkan waktu tidur yang kurang dari seharusnya bisa mempengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan lho!

Ini artinya, orang yang memiliki pola tidur malam yang buruk bisa saja bersikap impulsif, dan lalai sehingga menyebabkan mereka jadi sering menyulut konflik bahkan ketika sedang berada pada lingkungan pekerjaan. Waduh!

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Selasa (7/7), kontrol diri merupakan hal yang pastinya akan selalu kita alami setiap harinya. Ketika berada pada kondisi dimana keinginan dan kesempatan terjadi pertentangan, pengendalian diri memungkin seseorang untuk mempertahankan kontrol dirinya. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur yang buruk, seperti jumlah waktu tidur yang berbeda-beda setiap malamnya, atau bahkan tidak tidur sama sekali maka bisa jadi ini yang sering bikin kamu jadi sering terlibat pertengkaran dengan orang lain. O ow!

Untuk itu, Pilcher menyarankan untuk memiliki waktu tidur yang memadai. Sebab dengan tidur yang cukup, hal ini bisa memberikan tingkat cadangan energi yang lebih stabil pada siang hari dibandingkan dengan mereka yang kurang atau tidak sama sekali. Jika energi yang disimpan semakin banyak, otomatis akan semakin besar pula kemungkinan untuk membuat keputusan saat sedang mengalami fase sulit dalam hidupnya. Nah, tuh, didengerin ya? Kesehatanmu lho!

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

Wanita harus lebih banyak tidur ketimbang pria, ini alasannya!

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja

5 Manfaat dahsyat tidur siang, sempatkanlah meski kamu sedang sibuk