Brilio.net - Membersihkan dan merapikan tempat tidur setelah bangun mungkin pekerjaan sepele, tapi para ahli menyatakan kegiatan ini bisa meningkatkan kebahagiaan, produktivitas, dan tentu saja memuaskan dirimu melihat keindahan dan kerapian.

Masih tidak yakin?

Berikut dikutip brilio.net dari Huffington Post, Senin (1/6), enam alasan kamu harus semangat membereskan tempat tidur:

1. Kamu bisa tidur malam dengan nyenyak
Berdasarkan sebuah survei tahun 2010 dari National Sleep Foundation, mereka yang merapikan tempat tidur setiap hari atau hampir setiap hari, tidur lebih nyenyak kala malam hari, dibandingkan mereka yang tidak. Perbandingannya adalah 44% untuk mereka yang nyenyak tidur karena merapikan tempat tidur dan 37% untuk mereka yang tidak tidur nyenyak karena tidak membereskan tempat tidur.

2. Bikin kamu lebih bahagia
Gretchen Rubin, penulis buku laris The Happiness Project, mengatakan bahwa kontribusi merapikan tempat tidur adalah untuk ketenangan batin, walaupun dirasa sebagai kegiatan sederhana dan mudah.

3. Seakan membuat sebuah 'kemenangan'
Dijamin deh, saat kamu berhasil menata tempat tidur dengan rapi, kamu akan merasa senang karena selesai menuntaskan pekerjaan. Inilah yang disebut 'kemenangan', walaupun dalam skala kecil. Sebab, dari hal-hal kecil yang dilakukan secara teraturlah, kita menjadi terbiasa menghadapi tugas yang lebih besar.

4. Bikin kamu bisa mengatur dan mematuhi anggaran atau jadwal olahraga
Percaya atau tidak, kebiasaan baik tertentu akan membuka jalan bagi kebiasaan baik lainnya? Inilah yang dinyatakan Charles Duhigg dalam bukunya yang berjudul The Power of Habit. Nah, kaitannya, kalau kamu terbiasa merapikan tempat tidur, bisa bikin tidurmu nyenyak, selanjutnya kamu bisa bangun lebih awal untuk olahraga. Dari kebiasaan olahraga teratur inilah kamu tidak perlu buang duit untuk berobat karena sakit akibat jarang berolahraga, bukan? Inilah kebiasaan yang bagus.

5. Kamu jadi inspirasi bagi orang lain
Siapa sih yang tidak kagum sama orang yang rajin? Begitu pun orang lain terhadap kamu yang rajin merapikan tempat tidur sehingga area istirahat menjadi lebih ciamik dan 'mengundang' rasa ingin tidur. Kebiasaan baikmu ini akan menular pada orang lain, setidaknya bisa jadi contoh yang bagus buat adik atau keponakan kamu.

6. Bikin kamu istirahat total
Maksudnya adalah saat kamu merapikan tempat tidur dan tak lupa menjauhkan semua 'pengganggu' seperti televisi, laptop, dan ponsel, maka kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal ini sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang memiliki insomnia.

Gimana? Masuk akal kan guys? Mulai besok kamu harus mulai coba sendiri ya. Selamat berkreasi!