Brilio.net - Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine melihat keterkaitan antara peristiwa reproduksi utama dalam kehidupan wanita (seperti usia pertama mendapat haid, melahirkan, menyusui, dan menopause), faktor-faktor lain (seperti penggunaan kontrasepsi oral), dan kesehatan jangka panjang.

Tim peneliti di Eropa yang melakukan penelitian, termasuk penulis studi Melissa Merritt yang menulis tentang epidemiologi kanker berdasarkan data Imperial College London, Inggris, mengumpulkan data dari 322.972 wanita usia 25-70 tahun, dan ditindaklanjuti sekitar 13 tahun kemudian. Pada saat itu, 14.383 wanita meninggal. Merritt dan timnya menemukan bahwa risiko kematian lebih rendah pada wanita yang melahirkan anak, melakukan pemberian ASI, menggunakan kontrasepsi oral, atau mendapat haid pertama mereka pada usia 15 tahun atau lebih.

Walaupun memiliki anak dan menyusui diketahui menurunkan risiko seorang wanita dari isu-isu tertentu (misalnya, mereka memiliki kemungkinan kecil meninggal akibat kanker payudara sebagaimana penelitian di atas maupun yang lain), tidak berarti wanita yang belum punya anak kurang sehat, sebagaimana dilansir brilio.net dari GLAMOUR, Selasa (3/11).

Ada pun alasan wanita yang mendapat haid pertama mereka pada usia 15 tahun atau lebih tua, 10% lebih rendah atau kecil kemungkinan meninggal dibandingkan mereka yang mendapat menstruasi pada usia 12 tahun atau lebih muda, penelitian menyatakan bahwa memiliki usia dini saat mengalami haid pertama kali, dikaitkan dengan tekanan darah dan intoleransi glukosa, peningkatan lemak tubuh pada masa dewasa awal, atau obesitas pada masa dewasa, yang semuanya bisa menjelaskan kemungkinan kaitan antara usia haid dan risiko kematian pada kemudian hari.

Dengan kata lain, mengalami haid pada usia lebih muda dikaitkan dengan hal-hal seperti tekanan darah tinggi dan peningkatan lemak tubuh di kemudian hari, yang keduanya dapat dikontrol melalui diet yang tepat, olahraga, dan mengikuti saran dokter bila memang diperlukan.

Loading...

Jadi, kamu jangan langsung panik karena mengalami menstruasi pada usia kurang dari 15 tahun. Asalkan kamu menjalani gaya hidup sehat, semua bisa kamu kendalikan. Kesehatanmu lho!