Brilio.net - Pernah nggak bertanya-tanya kenapa bisa muncul iritasi bahkan alergi saat menstruasi, padahal udah memakai merek pembalut yang terpercaya? Hal ini sangat mungkin terjadi di keseharian kamu para wanita yang nggak jauh-jauh sama yang namanya pembalut saat datang bulan.

Iritasi atau ruam sebenarnya adalah infeksi jamur yang terkadang muncul saat menggunakan pembalut wanita. Ruam tersebut bisa muncul karena berbagai alasan, terutama karena penyerapan pembalut kurang maksimal dan kondisi di organ vital yang terlalu lembab.

Nggak hanya itu, bahan-bahan yang ada di dalam pembalut ternyata cukup menentukan apakah pembalut yang kamu pakai benar-benar memberikan efek negatif atau nggak.

Berikut fakta-fakta pembalut yang bisa berbahaya dan menimbulkan efek samping, seperti dirangkum brilio.net dari Boldsky Health, Jumat (24/4):

1. Kandungan gel
Beberapa pembalut ada kandungan gel selulosa dan bukan kapas yang kerap menyebabkan terjadinya infeksi. Peringatan tentang gel ini sudah lama diberikan, bahkan dikabarkan gel tersebut bisa menyebabkan kanker serviks.

2. Lama pemakaian
Penggunaan pembalut yang lebih dari tiga jam pemakaian ternyata juga bisa menimbulkan bahaya. Sebabnya pemakaian pembalut terlalu lama dapat menyebabkan iritasi, infeksi hingga benjolan yang rasanya sangat gatal dan menganggu.
Makanya, gantilah pembalut sesering mungkin setiap 3-4 jam sekali ketika volume darah menstruasi yang keluar sangatlah banyak terutama pada hari pertama sampai ketiga menstruasi ya. Jadi kelembaban tetap terjaga dan jamur dapat dicegah.

3. Bahan kimia
Tahu nggak bahwa pembalut wanita punya dua jenis bahan kimia yang disebut dioxin dan rayon? Dua bahan ini sama-sama berbahaya bagi wanita karena merupakan salah satu bahan pemutih. Memang sih, bahan kimia pemutih dapat membuat pembalut menjadi terlihat bersih tapi efek sampingnya dapat meracuni sistem kekebalan tubuh bahkan reproduksi wanita.

Ngeri dan bisa bikin bahaya ya kalau kamu sering mengabaikan bahkan menyepelekan dalam memilih pembalut? Jadi mulai sekarang cukup sesuaikan fungsi pembalut dengan kebutuhan aktivitas kamu ya. Semoga bermanfaat, ladies!