×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Life

Pengen bahagia? Nggak ada salahnya kamu coba praktikin Laughter Yoga

Fakta dan manfaat Laughter Yoga sangatlah banyak. Kalau kamu mau melakukannya jasmani dan rohanimu akan selalu sehat.

Ismarlina Mokodompit

(brl/gib)

27 / 05 / 2015

Brilio.net - Laughter Yoga atau tawa yoga merupakan konsep yoga baru terobosan seorang dokter dari Mumbai, Madan Kataria. Seperti namanya, yoga teknik ini memadukan antara aktivitas tertawa dengan teknik pernapasan yoga. Lalu apa bedanya yoga tradisional dengan teknik yoga yang sudah diadakan di 72 negara ini?

"Kalau yoga tradisional itu serius dan orang tidak tertawa. Sedangkan tawa yoga tidak serius sama sekali dan sangat menyenangkan," kata Kataria seperti dikutip brilio.net dari South China Morning Post, Rabu (27/5).

Pasangan suami-istri dari Hong Kong (sekitar pertengahan Mei 2015 kemarin, Kataria mempromosikan Laughter Yoga di Hong Kong), yaitu Poon Tat-cheung (68) dan istrinya Chau Si-wang (73), menyatakan mendapatkan manfaat dari Laughter Yoga yang sudah mereka ikuti. Poon merasa lebih sehat dan ceria. Sementara Chau merasa lebih terbuka dan ceria, selalu tersenyum dan menyapa orang lebih dahulu.

"Padahal saya dulu sangat pemalu dan tidak berani berbicara kepada orang lain," kata Chau.

Nah, ada beberapa fakta tentang Laughter Yoga yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Mempraktikkan tawa palsu dalam kelompok akan berubah menjadi tawa alami secara cepat.
2. Manfaat hanya dapat diperoleh ketika kamu mempertahankan tawamu selama 10-15 menit. Tawa natural hanya bisa bertahan beberapa detik, yang ternyata tidak cukup.
3. Ukuran kelompok yang baik adalah terdiri dari 10-15 orang, namun semakin meriah dan tawa menjadi mudah ketika jumlah dalam kelompok semakin banyak.
4. Setelah berlatih bersama-sama dalam kelompok, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, misalnya ketika duduk di suatu sudut rumah sambil tertawa "hahahaha", atau ketika naik sepeda dan sebagainya.

Nah, kalau bicara soal manfaat Laughter Yoga, ini dia manfaatnya.

1. Perubahan suasana hati menjadi lebih baik, karena Laughter Yoga membantu pelepasan endorfin (hormon bahagia). Saat suasana hati baik, maka kamu bisa melakukan segala aktivitas dengan baik pula.
2. Karena bisa melepaskan endorfin, maka tingkat stres juga turun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
3. Laughter yoga bisa meningkatkan "latihan" otak untuk mendapatkan banyak oksigen dan meningkatkan kinerjanya.
4. Menambah banyak teman. Percaya atau tidak, orang yang terbiasa tertawa akan membuat orang lain nyaman bergaul dengannya.
5. Latihan Laughter Yoga teratur bisa memberikan manfaat positif bagi mental, misalnya belajar tetap mengendalikan emosi (bahkan tertawa) kala menghadapi kesulitan atau tantangan hidup sekalipun.

Nah, nggak susah-susah amat kan ternyata Laughter Yoga? Semoga cepat ngehits di Indonesia deh ya, supaya kamu bisa ikutan yoga sambil ketawa. Dijamin sehat dan bahagia!



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE