Brilio.net - Setelah kamu memasang behel, tentu gigi akan menjadi lebih rapi dan bagus dari sebelumnya. Tapi bukan berarti kamu terus nggak merawat gigi ya. Pasalnya behel bukanlah seperti aksesoris gigi yang setelah dipasang nggak perlu tindakan apapun. Jadi, penggunaan behel membutuhkan kedisiplinan dalam perawatan.

Nah, berikut cara perawatan yang mudah dan bisa kamu lakukan setelah memasang behel, seperti yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5).

1. Bisa memilah makanan

Namanya saja gigi berkawat, harus dijaga ekstra dan jangan sampai malah membuat jelek penampilan karena di kawat gigi bertempelan sisa-sisa makanan. Untuk itu kamu harus bisa memilah makanan, karena nggak semua makanan itu bersahabat dengan behel. Mengunyah pun dianjurkan lebih pelan dan hati-hati karena dikhawatirkan akan berpengaruh pada behel.

2. Rajin gosok gigi

Nggak memakai behel pun, kamu tetap wajib dong untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari. Hal ini dilakukan agar sisa makanan yang tertinggal di gigi nggak jadi sarang kuman. Dan buat kamu yang memakai behel gigi dituntut lebih rajin lagi, yaitu setelah kamu selesai makan. Kalau kamu suka jajan atau makan di luar pastikan selalu membawa perlengkapan gosok gigi ke mana saja.

3. Jangan sampai ada gigi yang terlewatkan

Setiap kali kamu menyikat gigi, pastikan nggak ada gigi yang terlewatkan saat mengosoknya. Jika biasanya kamu membutuhkan waktu tiga menit saat menyikat gigi, setelah memakai behel atau kawat gigi usahakan sampai tujuh menit. Hindari menyikat gigi terlalu cepat, yang terpenting adalah nggak ada lagi sisa makanan yang menempel di gigi.

4. Butuh biaya lebih

Jangan mengira setelah kamu memasang behel terus terlepas dari masalah biaya. Nggak bisa! Apalagi kalau itu behel asli yang didesain khusus untuk orang yang giginya bermasalah jelas harganya nggak murah. Yang asli lho ya. Pengguna behel mau tak mau harus menyiapkan uang lebih untuk perawatan giginya. Belum lagi untuk membeli beberapa perlengkapan gigi khusus yang membantu memudahkan perawatan behel.

5. Konsultasi ke dokter gigi

Bagi kamu pengguna behel diwajibkan untuk konsultasi ke dokter dua minggu atau paling lama sebulan sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kawat gigi tidak rusak. Bahkan, hal ini dijelaskan oleh beberapa dokter ahli gigi. Beda persoalan kalau kamu memasang behel bukan pada ahlinya dan nggak ada pemeriksaan rutin, dikhawatirkan malah merugikan kamu sendiri nanti.

(brl/pep)