Brilio.net - Selama ini kita mengenal Ilmu Astrologi itu berasal dari Yunani atau China. Tapi ternyata nenek moyang orang Batak sesungguhnya juga sudah mengenal perkiraan waktu dan rasi bintang sejak dulu. Menurut Suku Batak, kelahiran seseorang dikatakan dengan 'Masiboan Pordana do tu langgu ni sasabi, masiboan bagianna do tu si ulu balang ari'.

Dalam Ilmu Astrologi manusia, orang Batak menyebutnya dengan istilah Parmesana 12, yang dibaca Parmesana-Sampulu Dua. Zodiak Batak ini memiliki kemiripan tanggal dengan zodiak bangsa Yunani yang selama ini kita tahu. Misalnya kepiting dalam astrologi Yunani adalah yang lahir tanggal 21 Juni-21 Juli. Sementara dalam Parmesana-12, makara (kepiting) adalah orang yang lahir tanggal 19 Juli-20 Agustus.

Berikut ini daftar zodiak Parmesana 12 yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/4):

1. Marhumba

Orang yang lahir dari tanggal 9 Februari sampai dengan 10 Maret dilambangkan dengan simbol hudon yang dalam bahasa zodiak disebut dengan Marhumba. Marhumba mempunyai sifat sosial, biasanya mereka gampang menyesuaikan diri dengan orang banyak. Gampang bergaul lah istilahnya.

Loading...

Mereka juga punya banyak ide. Tapi kekurangannya, orang Marhumba sering pelupa, makanya sering dianggap ingkar janji. Pekerjaan yang cocok untuk Marhumba adalah guru, datu, dan tabib.

2. Mena

Mena adalah simbol bagi orang yang lahir dari tanggal 11 Maret sampai dengan 12 April. Zodiak berlambang ikan ini mempunyai sifat suka mengalah, lincah, suka bergaul, rukun, tapi pelit. Mena sangat mendewakan perdamaian dan tidak suka keributan. Pekerjaan yang cocok untuk Mena adalah seniman dan sopir.

3. Gorda

Orang yang lahir pada tanggal 13 April sampai dengan 14 Mei mempunyai simbol Gorda atau Kambing. Gorda itu sedikit cengeng, tapi suka mencoba tantangan-tantangan baru. Gorda juga memiliki wawasan yang luas. Nggak mudah menyerah juga merupakan salah satu sifat positif Gorda. Nggak heran, kalau jadi pemimpin, Gorda bisa sangat sukses. Pekerjaan yang cocok adalah pegawai, guru, datu, pengembara, wartawan, tentara.

4. Marsoba

Marsoba dilambangkan untuk orang yang lahir dari tanggal 15 Mei sampai dengan 16 Juni. Sifat Marsoba ini sabar, telaten, tapi lelet banget. Tapi biar pun lelet, Marsoba ini punya sex appeal yang tinggi, lho.

Dia pandai berhemat, tapi ya itu kalau sudah ada yang lagi diinginkan, gampang boros. Jeleknya Marsoba ini kalau sudah marah, bisa sangat frustasi, hancur, rapuh. Makanya jangan pernah mengecewakan Marsoba ya? Pekerjaan yang cocok adalah seniman, perawat, juru runding, pemasaran dan pengusaha.

5. Nituna

Nituna dilambangkan untuk orang yang lahir hari tanggal 17 Juni sampai dengan 18 Juli. Nituna punya sifat plin plan, suka berubah-ubah pendiriannya. Kerennya, dia selalu suka mencoba hal-hal baru, itu makanya dia punya wawasan yang luas. Nituna bisa sukses kalau dia menjadi polisi, planner, pelaut, atau volunteer.

6. Makara

Orang yang lahir pada tanggal 19 Juli sampai dengan 20 Agustus bernaung dalam zodiak Mara yang dilambangkan dengan kepiting. Perasaan Makara halus, sukanya menyendiri. Kalau sudah sayang ya bisa jadi nggak rela untuk meninggalkan. Penyayang binatang juga, sih. Hidupnya sederhana banget, nggak suka foya-foya. Cocok banget deh kalau jadiin pacar! Pekerjaan yang cocok, pendeta atau ustaz, petani, pedagang, dokter, atau tentara.

7. Babiat

Kalau di Yunani ada Leo, di Parmesana 12 ada Babiat yang sama-sama dilambangkan dengan Singa. Babiat adalah zodiak bagi kamu yang lahir dari tanggal 21 Agustus sampai 22 September. Seperti Leo, Babiat orang yang pemberani, jujur, dan suka berterus terang. Ini juga jadi alasan kenapa banyak orang yang suka sama Babiat. Jeleknya sih, Babiat orangnya temperamen, tapi gampang redanya kok. Pekerjaan yang cocok adalah menjadi guru, datu, atlet bela diri, sampai tentara.

8. Hania

Seperti burung, orang yang lahir pada tanggal 23 September sampai dengan 24 Oktober ini punya sifat yang baik dan suci. Hania bisa jadi sangat kritis. Kalau ada yang menarik perhatiannya, pasti akan dikejar sampai dia benar-benar mengerti. Organized banget deh.

Tapi sukanya di belakang layar doang, nggak begitu suka jadi pusat perhatian. Jangan pernah main-main sama Hania ya? Instingnya kuat banget, lho! Cocok banget kalau kerja sebagai distributor, pedagang, atau bekerja di laut.

9. Tola

Orang yang lahir dari tanggal 25 Oktober sampai dengan 26 November disebut Tola yang dilambangkan dengan Pohon Tola gampang tersinggung karena perasaannya yang halus banget. Suka plin plan, lama banget kalau ngambil keputusan. Nggak gampang bergaul dan cenderung tertutup. Tapi suka banget bergaya modis. Cocok jadi guru, petani, dokter, atau pengusaha.

10. Martiha

Martina adalah zodiak bagi orang yang lahir pada tanggal 27 November sampai dengan 28 Desember. Seperti batu, Martiha orang yang keras, punya semangat yang kuat. Tapi lumayan tertutup. Ulet, tapi nggak begitu suka bercanda. Kaku. Cocok jadi peneliti.

11. Dano

Orang yang lahir di tanggal 29 desember sampai dengan 30 Januari disebut Dano yang dilambangkan dengan air. Dano ini tipe orang yang berani mengambil risiko, cerdas, rajin, dan teliti. Jiwa sosialnya tinggi, tapi kadang suka menyombongkan dirinya. Cocok jadi guru, dokter, pendeta atau ustaz.

12. Harahata

Harahata adalah zodiak terakhir dari Parmesana 12. Orang yang lahir di tanggal 31 Januari sampai 8 Februari dilambangkan dengan simbol kodok. Takut mengerjakan sesuatu dan nggak gampang menyerah. Sikapnya positif tapi jeleknya, saking positifnya jadi gampang percaya omongan orang lain. Cocok kalau kerjanya sebagai penyanyi, sastrawan, penulis, wartawan, budayawan.