Brilio.net - Jujur deh, semua orang itu pasti pengen punya hidup yang sehat. Dengan memiliki kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, tentu kita jadi bisa mengerjakan banyak hal, pergi berlibur kemanapun yang kita mau, atau mencoba segala macam makanan yang belum pernah kita rasakan. Menyenangkan ya?

Nah, makanya menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga serta menerapkan pola makan sehat itu wajib hukumnya. Jangan asal deh kalau nggak mau sakit. Bahkan kalau sampai terkena penyakit parah seperti jantung, stroke, maupun diabetes atau kombinasi dari ketiganya, wah siap-siap aja mati muda. Duh!

Tapi kenapa kita bisa memiliki kemungkinan terserang ketiga penyakit itu ya? Kenapa juga bisa memperpendek umur sih? Padahal kan penyakit-penyakit itu kan nggak menular, ya kan?

Penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Nggak pandang bulu deh. Kalau kamu nggak menerapkan pola hidup yang sehat tentu kamu bisa memiliki risiko terkena penyakit dalam jangka panjang. Contohnya nih ya, misalnya kebiasaan merokok, minum alkohol, lebih sering mengonsumsi makanan manis, ditambah nggak pernah olahraga, jarang bergerak, ya udah deh kelar cerita. Dan jeleknya nih, dampaknya nggak langsung kita rasakan saat itu juga, tapi ketika kita sudah berumur nantinya, baru deh kena batunya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Emanuele Di Angelantionio, dokter dari Cambridge University, seperti dikutip brilio.net dari Telegraph, Minggu (26/7), penyakit-penyakit seperti jantung, stroke, serta diabetes berisiko memperpendek umur seseorang sampai dengan 10 tahun. Jika terjadi kombinasi antara ketiganya sebelum seseorang berusia 40 tahun, usia harapan hidupnya bahkan bisa berkurang sampai dengan 23 tahun, lho. Wah, parah juga ya?

Loading...

Tapi bukan berarti nggak bisa dicegah lho ya. Penyakit kardiometabolik ini sebenarnya bisa dicegah pada rentang usia berapapun. Kamu sebenarnya bisa menjaga kestabilan kadar kolesterol, serta berat badan ideal dengan menjalankan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur serta mengendalikan diri untuk nggak tergoda menikmati makanan sembarangan, apalagi dalam jumlah yang nggak terkontrol.

Dan yang nggak kalah penting, jangan lupa juga untuk mengimbangi aktivitas setiap hari dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Jika kurang tidur, tentu metabolisme tubuh nggak berjalan sebagaimana mestinya. Penyakit jadi gampang deh menyerang. Jaga kesehatan baik-baik ya? Kesehatan itu sekalinya terganggu, mahal harganya.

BACA JUGA:

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

HOT NEWS:

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Titin Sumarni, artis tercantik yang berakhir menyedihkan

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9