Brilio.net - Ada yang bilang manusia itu katanya makhluk sosial. Nggak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain dalam segala hal. Ada benarnya juga sih, siapa coba yang pengen hidup sendiri atau merasa kesepian karena nggak punya teman? Kesepian itu nggak enak tahu, bikin tersiksa! Apalagi kalau sudah dibawa perasaan. Duh!

Bahkan nih ya, saking nggak pengen tersiksa perasaan sepi dalam dirinya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Timothy Wilson, seorang profesor psikologi dari University of Virginia, seperti dikutip brilio.net dari Washington Post, Minggu (9/8), mengungkapkan bahwa manusia, entah itu perempuan ataupun laki-laki lebih memilih disengat ribuan voltase listrik ketimbang harus merasa kesepian. Krik krik krik!

Penelitian yang melibatkan 18 orang pria serta 24 perempuan ini dilakukan dengan meminta mereka untuk duduk diam pada sebuah ruangan kosong tanpa melakukan apa-apa dan membiarkan pikiran mereka bekerja merespons hal tersebut. Mereka juga diberikan akses ke sebuah perangkat yang akan memberikan kejutan listrik kecil dengan menekan sebuah tombol. Hasilnya? Seperempat dari pria dan dua per tiga dari para responden perempuan ternyata lebih memilih untuk memencet tombol dan membiarkan dirinya disengat arus listrik ketimbang harus merasa kesepian tanpa bisa melakukan apa-apa.

Artinya, manusia lebih bisa menerima siksaan secara fisik ketimbang jika harus merasakan perasaan tersiksa yang merangsang secara mental atau batinnya. Buat mereka, siksaan fisik bisa hilang tanpa bekas, namun siapa yang tahu kalau terluka secara batin bisa tetap tinggal bahkan selama-lamanya?

Duh, jadi mirip lagu dangdut ya? Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Ah, kalau menurut kamu bagaimana?

Loading...