Brilio.net - Kamu penggemar sushi? Masakan Jepang yang satu ini memang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Buktinya banyak sekali restoran masakan Jepang yang ada di Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung. Kamu suka makan sushi juga nggak?

Tapi, tahukah kamu, bahwa ternyata ada hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika menikmati sushi lho. Ini berkaitan banget sama tradisi Jepang dan jangan sampai kamu salah menggunakannya. Malu-maluin ah!

WAJIB BACA: 20 Hal keren di Jepang yang mungkin tidak kamu temukan di Indonesia

Penasaran apa saja? Ini dia hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika menikmati menu sushi, seperti dilansir brilio.net dari buzzfeed, Sabtu (2/4).

1. Ambil sushi pakai sumpit

Loading...

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Jangan sekali-kali kamu mengambil sushi pakai sendok atau garpu ya guys.

2. Jangan tusuk sushinya

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Terkadang karena susah menyumpitnya, kamu memilih jalan pintas dengan menusuk sushinya menggunakan ujung sumpit. Jangan!

3. Bisa pakai tangan langsung

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Kalau menurut kamu menggunakan sumpit itu susah dan ribet, kamu bisa menggunakan tangan langsung untuk mengambil sushinya kok.

4. Setelah selesai, taruh sumpit di tempatnya

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Ketika kamu selesai menikmati sushi, jangan taruh sembarangan sumpitnya ya. Biasanya, akan disediakan tempat untuk menaruh sumpit yang terbuat dari keramik.

5. Jangan gosok-gosok sumpitnya

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Semisal kamu mendapatkan kualitas sumpit yang jelek, kurang halus dan masih ada serabut-serabutnya, usahakan jangan menggosok-gosokkan satu sumpit dan lainnya untuk menghaluskan ya. Lebih baik kamu ganti sumpit saja.

6. Gunakan bagian belakang sumpit

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Kalau kamu ingin mengambil sushi dari piring saji dan memindahkannya ke piringmu, kamu bisa menggunakan bagian belakang sumpit kok.

7. Saat makan sushi jangan ngobrol sambil mengacungkan sumpit

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Sumpit itu bisa menjadi sesuatu yang berbahaya kalau tak bijaksana dalam menggunakannya. Saat makan sushi, jangan ngobrol sembari mengacungkan sumpit ya, karena kalau tak berhati-hati itu bisa mengenai orang lain.

8. Makan sushi dalam sekali gigit

Cara Makan Sushi © 2016 brilio.net

Maksudnya, cara makan sushi yang benar adalah sekali gigit langsung. Satu sushi langsung kamu masukkan mulut lalu kunyah. Jangan sampai satu sushi kamu potong-potong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu.