Brilio.net - Belajar seni rupa khususnya menggambar pada dasarnya adalah belajar berkomunikasi lewat bahasa visual atau lewat gambaran yang ditangkap oleh mata. Aktivitas menggambar pun telah dilakukan manusia sejak kehidupan awal manusia di muka bumi, lho. Sebelum mereka mengenal tulisan, mereka menggunakan media gambarnya untuk sarana berkomunikasi.

Gambar merupakan salah satu sarana efektif untuk menyampaikan informasi. Terkadang, melalui gambar, pesan-pesan justru dapat tersampaikan dengan tepat sasaran. Tapi, beberapa orang yang tak bisa menggambar, memilih untuk membuat sketsa saja.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata membuat sketsa memiliki manfaat yang tak kalah penting, meskipun kamu tak bisa menggambar?

Nah, berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus belajar sketsa, meskipun kamu nggak bisa menggambar, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (21/11).

1. Belajar sketsa adalah kegiatan menyegarkan untuk keluar sebentar dari rutinitasmu yang melelahkan

Loading...

5 Alasan kamu harus mau belajar sketsa meskipun nggak bisa menggambarfoto: laurine-tellier.deviantart.com

Meskipun kamu nggak bisa menggambar, kamu bisa belajar corat-coret dan belajar membuat sketsa. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi bisa membuatmu untuk segar kembali.

2. Dapat memunculkan ide

5 Alasan kamu harus mau belajar sketsa meskipun nggak bisa menggambarfoto: atzinaghy.deviantart.com

Bila kamu bekerja di dunia kreatif, kamu mungkin akan merasa kehabisan ide. Nah, bila kamu belajar sketsa, saat waktu istirahat, kamu bisa mencoba membuat sketsa untuk dapat memunculkan ide-ide baru.

3. Salah satu media untuk terus mengasah imajinasi liarmu

5 Alasan kamu harus mau belajar sketsa meskipun nggak bisa menggambarfoto: www.craftsy.com

Tak harus bisa menggambar, membuat sketsa juga bisa menjadi salah satu media untukmu bereksplorasi untuk bisa lebih kreatif.

4. Salah satu kegiatan positif

5 Alasan kamu harus mau belajar sketsa meskipun nggak bisa menggambar

foto: viget.com

Daripada waktumu habis untuk kegiatan yang menyita banyak waktu namun tak bermanfaat, kamu bisa memanfaatkan kertas kosong dan pensil atau bolpoin untuk berkreasi dalam bentuk sketsa. Seru, kan?

5. Mengusir kebosanan

5 Alasan kamu harus mau belajar sketsa meskipun nggak bisa menggambarfoto: www.artacademylive.com

Hei, kamu bete atau bingung ingin melakukan apa di tengah meeting atau acara yang menurutmu membosankan? Cobalah untuk mencorat-coret kertas lalu membuat sketsa.

Tuh, mau menghibur diri dan 'berkarya' ternyata nggak susah kan? Selamat mencoba dan tetap jadi orang yang kreatif ya guys!