Brilio.net - Jagat K-Pop memang sudah mulai menjamur di Indonesia. Bahkan fans garis kerasnya banyak bertebaran di dunia maya. Lebih hebohnya lagi adalah ketika idol mereka mau manggung atau datang ke tanah air, pastilah topik tersebut menjadi trending topik.

Tapi sebelum kamu 'terjerumus' ke dalam dunia K-Pop, kamu perlu tahu istilah-istilahnya dulu. Biar kamu nggak roaming.

WAJIB DIBACA: 10 member boyband K-pop yang 'cantiknya' banget, bikin cewek minder

Berikut adalah sepuluh istilah Bahasa Inggris yang harus kamu pahami sebelum jadi fans K-Pop, sebagaimana dihimpun brilio.net dari BuzzFeed, Selasa (2/2):


1. All-kill

Arti dari kata ini adalah ketika sebuah lagu nongkrong di posisi puncak dalam semua chart Korea Selatan. Tangga lagu yang menjadi patokan adalah Bugs, Cyworld, Daum, Melon, Mnet, Monkey3, Naver Music, Olleh, dan Soribada.


2. Fan service

Istilah ini sebenarnya digunakan bagi pecinta manga dan anime. Tetapi di dalam dunia K-Pop, fan service diistilahkan sebagai kelakuan idol yang membuat mereka 'tinggi'. Sebagai contohnya adalah ketika sang idol memamerkan bentuk tubuh mereka.


3. Fanchant

Saat para fans teriak-teriak dan menyuarakan jargon saat sang idol datang, itulah yang disebut fanchat. Jadi, kebayang dong kalau mereka sedang heboh menyambut idolanya?


4. Guerilla Concert

Teknik ini digunakan oleh artis untuk membuat nama mereka populer dengan menampilkan hal aneh secara spontan di pusat keramaian atau jalan.


5. Hot issue

Apa pun yang sedang ramai dibicarakan baik di media sosial atau dunia nyata, itulah yang disebut dengan hot issue.

EITS, MASIH ADA LAGI.. KLIK NEXT KALAU MAU TAHU ISTILAH-ISTILAH NGEHITS K-POP LAINNYA ~

2 dari 2 halaman



6. Idol

Idol adalah sebutan bagi para artis korea yang sudah melalui tahap training dari sebuah agensi. Seorang idol tidak hanya menyanyi, tetapi juga nge-host dan bermain peran.


7. Love call

Saat diajak featuring dengan idol lain atau menjadi ambassador atau bintang iklan sebuah produk, itulah yang dinamakan love call.


8. Selca

Selca adalah kata lain dari selfie. Kata ini digunakan sebelum fenomena selfie populer. Selca merupakan kepanjangan dari short for self-camera.


9. Uncle fan

Julukan ini digunakan untuk menyebut orang-orang yang sudah 'berumur' tetapi masih ngefans sama idol mereka.


10. V-line/S-line

Kata ini diartikan sebagai oval-shaped face. Bentuk wajah seperti ini merupakan wajah ideal bagi idol cewek maupun cowok.