×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Penyebab kanker payudara yang harus kamu waspadai

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

8 Penyebab kanker payudara yang harus kamu waspadai

Cowok pun ternyata juga bisa kena.

29 / 03 / 2019 22:01

Brilio.net - Kanker payudara terjadi ketika sel-sel di payudara mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini biasanya membentuk tumor yang sering terlihat pada rontgen atau terasa sebagai benjolan. Tumor yang sudah tumbuh ganas itu akhirnya kemudian menjadi kanker.

Kanker payudara banyak dialami oleh kaum wanita, akan tetapi pria juga bisa terkena kanker payudara. Tumbuhnya kanker payudara dimulai dari berbagai bagian payudara. Sebagian besar kanker payudara dimulai pada saluran yang membawa susu ke puting. Ada juga yang dimulai dari kelenjar yang membuat ASI (air susu ibu).

Kanker payudara dapat menyebar ketika sel-sel kanker masuk ke dalam darah atau sistem getah bening dan dibawa ke bagian lain dari tubuh. Apabila sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, ada kemungkinan bisa lebih cepat menyebar ke bagian lain.

Nah, penting bagi kamu untuk memahami bahwa sebagian besar benjolan payudara jinak dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Setiap benjolan atau perubahan payudara perlu diperiksa oleh ahli kesehatan untuk menentukan apakah benjolan itu jinak atau ganas (kanker).

Tapi sayangnya tidak semua wanita maupun pria mengetahui apa saja penyebab kanker payudara. Berikut beberapa poin penting tentang penyebab kanker payudara, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (29/3).

Loading...

1. Obesitas.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas kebanyakan setelah menopause, lebih berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Risiko ini muncul karena kadar estrogen yang lebih tinggi. Selain itu yang utama ketika asupan gula pada tubuh tinggi, menjadi faktor utama terjadinya kanker payudara.

2. Merokok.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Di era zaman sekarang tidak hanya pria saja yang kerap merokok, tapi wanita juga banyak yang merokok. Nikotin yang ada pada rokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Sebab tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok, semakin cepat kamu berhenti semakin baik untuk kesehatan.

3. Minum alkohol.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Tingkat konsumsi alkohol yang berlebih berpotensi tinggi terjangkit kanker payudara. Menurut laporan yang ditulis medicalnewstoday, sebuah penelitian mengatakan kalau wanita yang mengonsumsi alkohol lebih dari tiga botol sehari, memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsi berlebih.

4. Jarang berolahraga.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Pola hidup yang tidak sehat, misalnya jarang berolahraga mengakibatkan orang mudah terkena penyakit. Tidak hanya penyakit ringan, tapi juga penyakit kronis seperti kanker payudara. Jarang berolahraga bisa membuat sel kanker payudara tumbuh lebih cepat meskipun di usia muda.

5. Menunda kehamilan.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Wanita yang menunda kehamilan akan lebih rentan terkena kanker payudara. Biasanya kasus ini terjadi pada wanita yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Salah satu cara untuk menghambat munculnya sel kanker payudara adalah dengan menyusui.

6. Keturunan dan pernah memiliki riwayat kanker.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Kanker payudara ini adalah penyakit yang bisa menurun kepada garis keturunan. Apabila ibu, nenek, atau saudaramu pernah terkena kanker payudara, maka kamu harus mulai waspada. Selain itu, apabila kamu pernah menderita kanker payudara sebelumnya, tingkat risiko terkena penyakit ini kembali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit.

7. Makanan yang dikonsumsi.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan sembarangan dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. Pola makan yang buruk tersebut biasanya terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji, makanan yang tidak 100 persen matang seperti dibakar, tidak senang mengonsumsi buah dan sayur, gemar makanan berlemak, dan sering mengonsumsi makanan olahan kemasan.   

8. Usia.

penyebab kanker payudara pixabay

foto: pixabay

Risiko kanker payudara akan meningkat seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian dari medicalnewstoday, saat orang berusia 20 tahun, peluang kanker payudara pada dekade berikutnya adalah 0,6 persen. Kemudian pada usia 70 tahun, angka ini naik menjadi 3,84 persen.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more