Brilio.net - Kamu pasti punya temen yang supel. Biasanya dia mudah bergaul dan mudah akrab dengan orang lain yang baru saja kenal. Dia juga bisa melebur saat berbincang dengan banyak orang lain. Kamu pasti merasa menganggapnya luar biasa. Bener nggak?

Anggapan luar biasa itu karena  dia mudah beradaptasi dengan banyak orang dan orang lain menerimanya dengan mudah. Tak pelak membuat segelintir orang yang lebih nyaman bergaul dengan sedikit orang merasa minder. Apa yang salah denganku, ya?

Namun jangan khawatir, Sobat Brilio. Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology menyatakan bahwa orang cerdas itu temannya sedikit.

Satoshi Kanazawa dan Norman Li, peneliti utama,menemukan fakta bahwa selama ini orang percaya bahwa sebagian besar kebahagiaan orang meningkat dalam kaitannya dengan penurunan kepadatan penduduk. Hal tersebut terkait dengan persentase interaksi dengan orang yang dicintai. Nah, orang-orang yang cerdas sebenarnya lebih bahagia ketika mereka nggak bergaul dengan teman-temannya.

"Individu yang lebih cerdas mengalami kepuasaan hidup lebih rendah ketika lebih sering bersosialisasi dengan teman-temannya," tulis studi tersebut, sebagaimana dikutip brilio.net dari YourTango, Rabu (30/3).

Loading...

Dalam sebuah artikel di The Washington Post, Carol Graham, seorang peneliti Brookings Institute,  Washington, D.C, Amerika Serikat mengatakan,"Mereka yang cerdas dan mampu memanfaatkannya adalah mereka yang nggak banyak bersosialisasi karena fokus pada beberapa tujuan jangka panjang lainnya."

Hasil penelitian dan kutipan ahli di atas masuk akal. Orang pintar punya rasa ingin tahu yang besar sehingga hasrat menemukan dan membuktikan rasa penasarannya itu juga menggebu. Bagi mereka, bergaul dengan teman-teman nggak lebih penting daripada apa yang dilakukan untuk proyeknya.

Hmmm.. gimana menurut kamu, Sobat Brilio? Nggak heran kalau kamu sering kali mendengar kutu buku yang kerap diidentikkan sebagai orang cerdas, justru punya sedikit teman. Tapi bukan berarti kamu selalu mengurung diri, ya. Setidaknya kamu tetap harus bergaul dengan orang-orang terdekat dan bertemu orang baru, supaya pengalamanmu juga semakin banyak. Dengan begitu, siapa tahu justru berguna untuk proyek yang tengah kamu kerjakan.