×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Cara simpel & ilmiah ini bikin kamu cepat raih kebahagiaan hidup!

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

10 Cara simpel & ilmiah ini bikin kamu cepat raih kebahagiaan hidup!

Bermacam-macam cara orang untuk segera meraih kebahagiaan dalam hidupnya.

10 / 02 / 2016

Brilio.net - Semua orang tentu ingin bahagia, merasakan keindahan dan harmonisasi hidup. Kebahagian memiliki arti yang beragam, tidak melulu berhubungan dengan karier, materi dan sebagainya. Maka dari itu bermacam-macam cara orang untuk segera meraih kebahagiaan dalam hidupnya.

Nah, meski deskripsi bahagia berbeda-beda kamu bisa menemukan cara ilmiah untuk mencapai kebahagiaan. Dilansir brilio.net dari Gizmodo, Rabu (10/2), sebuah lembaga bernama Funders and Founders memberikan infografis secara ilmiah berdasarkan Buffer Productivity Blog. Nah, berikut 10 cara meraih kebahagiaan secara ilmiah:

10 Cara simpel & ilmiah ini bikin kamu cepat raih kebahagiaan hidup!

1. Meditasi

Meditasi sangat bagus untuk membuat diri kamu bahagia. Kamu cukup membiasakan melakukan meditasi untuk memerolah waktu yang berkualitas.

Loading...

2. Cobalah untuk senyum

Tersenyum akan membantumu meredakan keadaan yang tidak kamu inginkan. Saat kamu tersenyum, otak akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kamu senang dan merasakan bahagia. Tersenyum bisa membuat aura positif, seperti halnya kamu bahagia saat melihat sesuatu yang lucu.

3. Tidur

Sebuah pepatah di Irlandia berbunyi tertawa dan tidur lama adalah obat terbaik untuk apapun. Kamu pasti bertanya-tanya, tidur yang lama kok bisa bikin bahagia. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Science yang dipimpin Maiken Nedergaard di University of Rochester, menjelaskan bagaimana sel-sel otak pada tikus menyusut ketika mereka tidur, membuat ruang rata-rata 60 persen lebih besar. Hal ini juga membuat cairan tulang belakang di otak binatang mengalir sepuluh kali lebih cepat daripada ketika tikus terjaga.

"Kita tidur untuk membersihkan otak kita," kata Nedergaard.

4. Bikin rencana traveling, cukup berencana tanpa harus pergi

Kamu tentu sangat bahagia saat merencanakan untuk traveling beberapa waktu yang akan datang. Membayangkan panorama tempat baru yang akan dikunjungi tentu sangat mengasyikkan.

Sebuah studi oleh para peneliti Belanda yang diterbitkan di jurnal Applied Research in Quality of Life menjelaskan, dorongan terbesar dalam kebahagiaan berasal dari tindakan sederhana merencanakan liburan. Setelah liburan, kebahagiaan cepat turun kembali ke tingkat dasar bagi kebanyakan orang. Jadi tetap berencana liburan adalah antisipasi untuk tetap bahagia.

5. Mencoba untuk bersyukur

Tak ada salahnya berterima kasih, bersyukur kepada Tuhan atas segala sesuatu yang telah kamu terima. Selain bikin kamu bahagia, bersyukur juga ampuh untuk mengurangi gejala depresi.

6. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman

Tak hanya membuat kamu bahagia, berkumpul bersama keluarga dan teman akan memberikan suasana yang positif.

"Kami sangat senang ketika memiliki keluarga, kami senang ketika kami memiliki teman-teman, dan hampir semua hal lain yang kami pikir membuat bahagia sebenarnya hanya cara untuk mendapatkan lebih banyak keluarga dan teman-teman," kata Daniel Gilbert, ahli kebahagiaan Universitas Harvard.

7. Membantu orang lain

Aung San Suu Kyi pernah menyatakan dengan membantu orang lain, kamu akan belajar bagaimana untuk membantu diri kamu sendiri. Jadi, kamu akan merasakan dampak positif setelah membantu orang lain yang tertimpa kesusahan.

8. Lebih dekan dengan pekerjaan

Psikolog Universitas Harvard, Daniel Gilbert mengatakan mengemudi di jalan yang berbeda bisa mencelakakan setiap harinya. Maksudnya, kamu  setiap hari harus bekerja dan banyak resiko yang harus kamu ambil. Namun, kamu tentu sangat bahagia bisa melewati semua tantangan itu.

9. Olahraga

Olahraga atau nge-gym merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi bahagia. Olahraga tidak hanya membantu kamu membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kesehatanmu dengan mengurangi risiko beberapa penyakit seperti diabetes, kanker dan sebagainya.

10. Pergi ke luar

Kamu tak bisa berdiam diri, kenyataannya dunia sangat indah di luar sana. Paling tidak, kamu bisa terpapar sinar matahari setiap harinya untuk lebih bahagia. Nggak percaya? Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Meteorological Society pada tahun 2011 menyatakan suhu sekarang memiliki efek lebih besar pada kebahagiaan kamu dari variabel seperti kecepatan angin dan kelembaban, atau bahkan suhu rata-rata selama satu hari.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more