Brilio.net - Makan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk tetap bertahan hidup. Tanpa asupan makanan, tubuh tentu tidak akan mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Dari makanan pula sumber vitamin, energi dan gizi untuk tubuh manusia.

Lalu apa yang akan terjadi saat manusia berhenti makan? Berapa lama sih, manusia bisa bertahan tanpa makanan? Nah, video yang dilansir brilio.net dari AsapSCIENE berikut akan menjelaskan gambaran tubuh tanpa makanan, Selasa (2/2):

1. Saat 6 Jam pertama

Fakta tak terduga ini ungkap kondisi tubuhmu jika berhenti makan

Pada 6 jam pertama, tubuhmu akan terasa normal. Tetapi tanpa kamu sadari tubuh mulai mencegah glikogen yang berfungsi mengubah energi dalam tubuh menjadi glukosa. Sekitar 25 persen energi dalam tubuh manusia digunakan untuk otak dan sisanya untuk otot, serta sel darah merah. Selain itu produksi energi yang terhenti bisa memicu kemarahan pada diri kamu. Itulah kenapa orang yang lapar cenderung mudah marah.


2. Saat 6-72 jam berikutnya

Fakta tak terduga ini ungkap kondisi tubuhmu jika berhenti makan

Pada 1 sampai 3 hari tubuh tanpa asupan makanan maka kondisi tubuh mulai memasuki keadaan ketosis. Ketosis terjadi karena minimnya kandungan karbohidrat dalam tubuh sehingga memaksa untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dalam kondisi ketosis fungsi kognitif otak akan mulai mengalami gangguan.

3. Lebih dari 72 jam

Fakta tak terduga ini ungkap kondisi tubuhmu jika berhenti makan

Setelah lebih dari 72 jam tubuh akan semakin menderita. Tanpa asupan glukosa dan lemak, tubuh secara paksa akan mencuri berbagai cadangan energi dari sumber lain seperti protein dari dalam tubuh. Protein kemudian akan melepaskan asam amino dan diubah menjadi glukosa. Tubuh akan mengorbankan dirinya sendiri dengan cara menghancurkan massa otot. Pada perempuan, lebih dari 72 jam tanpa asupan makan juga akan mengganggu siklus menstruasi dan juga mengalami penurunan libido.

4. Selama 1-2 minggu

Fakta tak terduga ini ungkap kondisi tubuhmu jika berhenti makan

Tanpa asupan makanan vitamin dan mineral selama 2 minggu tubuh akan benar-benar lemah. Otak juga sudah tidak dapat berfungsi secara normal. Tubuh sudah tidak lagi memiliki sistem kekebalan tubuh, sehingga manusia tanpa asupan makanan selama 1-2 minggu akan rentan terkena penyakit seperti penyakit kardiovaskuler, gagal jantung sampai meninggal dunia. Dalam fase ini beberapa organ tubuh manusia juga akan mulai berhenti bekerja.

5. Lebih dari 3 minggu

Fakta tak terduga ini ungkap kondisi tubuhmu jika berhenti makan

Dalam waktu singkat, jika tubuhmu benar-benar tidak menerima asupan makanan selama tiga minggu atau 70 hari, maka akan mengalami kematian. Bagaimanapun durasi atau waktu lamanya manusia bisa bertahan hidup tanpa asupan makanan sangat dipengaruhi oleh jumlah lemak dan tingkat dehidrasi tubuh. Bisa saja manusia itu meninggal sejak 1 minggu tanpa asupan makanan.

Berikut videonya penjelasannya: