Brilio.net -  

Sebuah video CCTV yang beredar luas tentang tentara Korea Utara yang membelot ini disebarluaskan oleh Komando PBB. Insiden ini terjadi Rabu (22/11) saat seorang tentara Korea Utara kabur mengendarai mobil Jeep menuju ke bagian perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Aksi semacam ini juga pernah dilakukan warga sipil Korut ke Korsel.

Dikutip dari Reuters, Kamis (23/11), aksi dramatis kabur tentara ini dikarenakan ia mengalami traumatik pascaoperasi bedah yang dilakukan. Di dalam tubuh tentara yang kabur ini dokter menemukan 27 cacing parasit yang panjang. Dokter pun kaget karena ini adalah cacing terbanyak yang ditemukan dalam tubuh seseorang.

Saat kabur menggunakan mobil Jeep ini, tiba-tiba saja mobil yang ia kendara mengalami slip ban dan tidak bisa dikendalikan. Ia pun turun dari mobil dan kabur mencari jalan lain agar dirinya bisa selamat. Meski ditembaki tentara lain yang itu adalah rekan tentaranya sendiri, tentara ini terkena 4 tembakan di bagian dada, lengan, dan bagian belakang badannya. Beruntungnya, saat ia berhasil menembus perbatasan, ia diselamatkan tentara Korea Selatan yang sedang bertugas.

Keberaniannya ini pun sangat bertaruh dengan nyawanya sendiri, di mana kedua negara tersebut masih dalam kondisi perang antar negara. Komando PBB juga mendukung Korea Selatan atas insiden ini karena perjanjian gencatan senjata yang seharusnya tetap dipatuhi Korea Utara.

Loading...

Hingga saat ini, kondisi tentara yang berhasil kabur itu dalam keadaan sadar dan dibawa ke rumah sakit di wilayah Seoul menggunakan helikopter perang Amerika Serikat. Berikut ini adalah video CCTV insiden kabur tentara Korea Utara menuju perbatasan Korea Selatan sebagai berikut.