Brilio.net - Masih ingat dengan film American Sniper? Ya, film ini berkisah tentang seorang sniper dari kesatuan Marinir AS yang ditugaskan dalam operasi di Timur Tengah. Sang sniper tersebut berhasil menembak sasarannya dari jarak jauh, sehingga perannya strategis dalam melindungi pasukan dari ancaman sniper lawan. Mungkin kamu akan berpikir kemampuan menembak jarak jauh hingga ribuan meter itu adalah suatu yang dilebih-lebihkan dalam film tersebut. Padahal, kemampuan seperti itu adalah nyata.

Baru-baru ini seorang penembak jitu dari militer Kanada mengonfirmasi telah membunuh target sejauh lebih dari 3,5 km. Aksi itu terjadi dalam operasi perang di Irak. Catatan ini adalah rekor jarak terjauh seorang sniper mampu menembak targetnya.

Menembak target dengan jarak yang begitu jauh hanya bisa dilakukan orang-orang terlatih. Butuh skill dan kemampuan yang hebat dalam menghitung berbagai faktor yang mempengaruhi gerak dan arah peluru. Begitu banyak aspek yang akan mempengaruhi keberhasilan seorang sniper. Di luar faktor persenjataan, juga harus bisa memperkirakan dan menghitung secara akurat berbagai aspek seperti jarak, arah dan kecepatan angin, kelembaban, sudut, bahkan efek coriolis yang ditimbulkan rotasi bumi.

Nah, berikut ini adalah delapan jarak terjauh yang pernah tercatat seorang sniper mampu menembak targetnya, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (2/8). Artinya, jika kamu berada di jarak tersebut, maka para sniper ini masih mampu membidikmu.

 

1. 3.540 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: thesun


Ini adalah rekor terjauh yang pernah terkonfirmasi. Pelakunya adalah sniper Joint Task Force 2 dari militer Kanada dalam Perang Irak pada Mei 2017. Sang sniper menggunakan senjata McMillan Tac-50 dengan amunisi Hornady A-MAX.50 (50 BMG).

 

2. 2.475 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: armedia


Pada perang di Afghanistan, tepatnya November 2009, seorang penembak jitu dari pasukan kavaleri Inggris, Corporal of Horse (CoH) Craig Harrison mampu mengenai target sejauh 2,4 km lebih menggunakan senjata Accuracy International L115A3 dengan amunisis 338 Lapua Magnum LockBase B408 bullets.

 

3. 2.430 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: istimewa

Corporal Rob Furlong dari Kanada membubuhkan catatan mampu membunuh target pada jarak 2.430 meter dalam perang di Afghanistan pada Maret 2002. Anggota pasukan Batalion 3 Infanteri Kanada ini menggunakan senjata McMillan Tac-50 dengan amunisi Hornady A-MAX.50 (50 BMG).

 

4. 2.310 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: dailystar


Pada tahun dan operasi yang sama dengan Furlong, anggota lain Batalion 3 Infanteri Kanada, Master Corporal Arron Perry juga berhasil mengenai terget sejauh 2.310 meter dengan jenis senjata dan amunisi seperti yang dipakai Furlong.

 

5. 2.300 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: istimewa


Anggota Batalion 2 Ranger AS, Sgt. Brian Kremer pada Perang Irak, Oktober 2004, berhasil menembak target sejauh 2.300 meter menggunakan senapan Barrett M82A1 dengan amunisi Raufoss NM140 MP (50 BMG).

 

6. 2.286 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: the oncrowd


Sergeant Carlos Hathcock menorehkan catatan fenomenal sebagai sniper. Pada Februari 1967, di mana senjata belum secanggih sekarang, Hathcock berhasil menembak sejauh 2.286 meter dalam Perang Vietnam. Anggota Divisi 1 Marinir AS ini menggunakan senapan mesin M2 Browning dengan amunisi 50 BMG.

 

7. 2.125 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: dailystar


Seorang sniper dari pasukan khusus Afrika Selatan berhasil menembak sejauh 2.125 meter dalam misi Pasukan Perdamaian PBB di Kongo pada bulan Agustus 2013. Dia memakai senapan Denel NTW-14.5 dengan amunisi kaliber 14.5×114mm.

 

8. 2.092 meter

sniper Istimewa
Ilustrasi sniper/foto: ctvnews


Sniper yang juga mampu membunuh target pada jarak lebih dari 2 km adalah Nicholas Ranstad. Anggota Skuadron 1 Resimen 91 Kavaleri Angkatan Darat AS ini menggunakan senapan Barrett M82A1 dengan amunisi 50 BMG dalam perang di Afganistan.