Brilio.net - Jika diminta menyebutkan salah satu bahan obrolan paling menarik dalam aktivitas nongkrong, maka jawaban terbaiknya adalah cerita hantu. Membicarakan hal mistis ini memang membuat bulu kuduk berdiri. Tapi, rasa penasaran telah mengalahkan ketakutan sehingga kisah demi kisah menyeruak dan mengisi kepala setiap orang yang mendengarnya. Banyak dari mereka kemudian menikmati sensasi dari ketakutan itu sendiri.

Nah, cerita misteri itu sendiri bisa muncul dari mana saja. Nggak jelas asal muasalnya dari mana, tapi kemudian dari mulut ke mulut kisah menyeramkan tersebut tersebar ke mana-mana hingga menjadi sebuah cerita yang melegenda. Salah satu kisah seram yang bikin takut tidur sendirian adalah cerita hantu di dunia militer. Cerita-cerita ini sudah sangat terkenal, bahkan mungkin kamu pernah mendengarnya.

Apa saja? Berikut lima cerita hantu di dunia militer Indonesia, seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (24/10).

1. Taruna merah.

hantu militer Istimewa

Ilustrasi: pinterest

Kisah misteri muncul berada di lingkungan Akademi Militer (Akmil) Magelang. Sejumlah versi menuturkan bahwa kisah hantu taruna merah berkaitan dengan tragedi berdarah yang pernah terjadi di tempat itu. Konon, dulu pernah ada seorang taruna yang tewas kecelakaan saat latihan.

Taruna itu tertembak di kepala hingga peluru menembus helm. Darah pun mengucur membasahi tubuh sosok tersebut. Arwah dari taruna itu kemudian bergentayangan dan kerap menampakkan diri dalam wujud sesosok berseragam taruna dengan helm, tapi wajah dan tubuhnya berlumuran darah.

2. Drum Band Jogja.

hantu militer Istimewa

Ilustrasi drum band/foto: qubicle

Buat kamu yang tinggal di Jogja, kamu pasti pernah mendengar cerita tentang suara drum band saat dini hari. Suara ini masih menjadi misteri bagi orang-orang yang pernah mendengarnya. Betap tidak, orang-orang yang mendengar suara ini nggak bisa menemukan dari mana suara berasal.

Orang yang ada di sisi barat, mendengar suara drum band seolah-olah dari timur. Sedangkan yang di timur, mendengarnya seolah-olah dari barat. Begitu juga yang di utara, mendengar dari selatan dan yang di selatan mendengar dari utara. Ada juga yang berkesimpulan bahwa suara drum band ini berasal dari lingkungan Akademi Angkatan Udara (AAU).

3. Tandu eyang kakung Dirman.

hantu militer Istimewa

Ilustrasi napak tilas perjuangan Panglima Soedirman/foto: istimewa

Selain taruna merah, kisah seram lainnya yang melingkupi Akmil adalah cerita horor tandu Panglima Soedirman. Cerita ini muncul ketika para taruna melakukan napak tilas perjuangan Panglima Jenderal Soedirman, lengkap sambil memikul tandu yang kosong.

Konon, selama proses yang digelar hingga malam hari ini taruna dilarang menoleh ke belakang ke arah tandu. Ada cerita yang menyebutkan pernah terjadi seorang taruna tiba-tiba merasa tandunya semakin berat. Ia kemudian melihat ke arah tandu dan melihat penampakan sesosok orang di dalam tandu.

4. Barak Bantir Sumowono.

hantu militer Istimewa

Barak Bantir/foto: kompasiana

Barak ini peninggalan zaman Belanda. Meski dipakai sebagai barak militer, tapi di tempat ini juga biasa digunakan untuk pelatihan-pelatihan dari warga sipil. Kisah keangkeran barak militer yang digunakan Komando Latihan Rindam IV Diponegoro dan terletak di Desa Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang ini sudah terkenal di masyarakat.

Sudah bukan rahasia lagi jika di tempat ini sering terdapat peristiwa-peristiwa ganjil. Salah satu yang cukup sering adalah kesurupan yang menimpa peserta pelatihan.

5. Rutan militer Guntur.

hantu militer Istimewa

Rutan militer Guntur/foto: merdeka.com

Berada di Jakarta Selatan, Rutan militer Guntur ini berdiri sejak zaman Belanda. Di tempat inilah para tentara yang melakukan pelanggaran akan menjalani hukuman militer. Konon, dulunya banyak tahanan yang sampai meninggal dunia di tempat ini.

Makanya, wajar jika kemudian berbagai cerita hantu muncul dari sini. Salah satu kisah yang jadi perbincangan warga adalah penampakan sesosok wanita berpakaian putih yang kadang mengganggu petugas maupun tahanan.