Brilio.net - Ruas-ruas jalan di Harare, Ibu Kota Zimbabwe, telah diblokir oleh kendaraan militer yang menentang pemerintahan Presiden Robert Mugabe. Aksi ini dipicu aksi Mugabe yang menyingkirkan lawan politiknya menjelang pemilihan presiden Desember 2017 ini. Salah satunya adalah Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa, yang merupakan sesama anggota partai penguasa, Zanu-PF.

Panglima Angkatan Darat Zimbabwe, Jenderal Constantino Chiwenga, sebelumnya telah melontarkan pernyataan akan melakukan kudeta jika Presiden Mugabe meneruskan langkah yang akan memuluskan ambisinya itu. "Pembersihan yang sedang berlangsung terhadap anggota partai yang merupakan pejuang harus segera dihentikan," kata Chiwenga dalam jumpa pers di markas Angkatan Darat Zimbabwe, seperti dilansir dari laman BBC, Rabu (15/11).

Robert Mugabe  © 2017 cnn.com

Kudeta Presiden Mugabe/foto: CNN

Emmerson Mnangagwa menentang kemauan Mugabe mengajukan nama Grace Marufu, istrinya sendiri, untuk menjadi kandidat presiden. Mnangagwa juga menyatakan bahwa Partai Zanu-PF bukanlah milik Mugabe seorang, sehingga tidak bisa memaksakan ambisi politik pribadi tanpa mempertimbangkan masukan dari sesama anggota partai. Mugabe kini justru tampak lebih dekat dengan poros politikus muda Zimbabwe, Generasi 40 (G40).

Robert Mugabe kepustakaan-presiden.pnri.go.id

foto: kepustakaan-presiden.pnri.go.id

Sosok Mugabe adalah tokoh revolusi Zimbabwe yang telah malang melintang di dunia pemerintahan. Dikutip dari soeharto.co, Rabu (15/11), pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Mugabe pernah mengunjungi Indonesia. Tanggal 6 Juni 1990, Soeharto dan Mugabe berbincang empat mata di Istana Merdeka seputar jalinan kerja sama yang mungkin dilakukan seperti kemungkinan rute penerbangan Garuda Indonesia ke Afrika serta keinginan membeli peralatan telekomunikasi buatan Indonesia. Lalu pada 2 Desember 1991, Soeharto balas mengunjungi Zimbabwe. Pada kesempatan ini, Presiden Soeharto ingin memperkuat kerja sama negara-negara di Selatan teruatama di bidang ekonomi dan sosial serta perdamaian dunia.

Berikut adalah fakta seputar kehidupan Mugabe, seperti dihimpun dari beberapa sumber.

1. Robert Mugabe adalah salah satu sosok tertua yang memimpin suatu negara. Usianya kini 93 tahun.

Robert Mugabe  © 2017 cnn.com

foto: CNN

2. Menjabat posisi perdana menteri 1980-1987, dilanjutkan dengan menduduki jabatan presiden hingga sekarang.

5 Fakta Presiden Mugabe yang dikudeta, pernah dekat dengan Soeharto africanleadership.co.uk

foto: africanleadership.co.uk

 

3. Selama masa kepemimpinannya, Zimbabwe menghadapi dua masalah utama yaitu kemiskinan dan korupsi.

Robert Mugabe  © 2017 cnn.com

foto: CNN

 

4. Mugabe pernah menikah dengan Sally Hayfron, meninggal pada 1992. Lalu menikahi Grace yang tadinya merupakan sekretarisnya. Grace dinikahi pada 1996 dan memberinya dua orang anak.

robert mugabe theaustralian.co.uk

foto: theaustralian.co.uk

 

5. Kedua anak Mugabe-Grace tadinya tinggal di Dubai lalu pindah ke Johannesburg untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Keduanya dikenal gemar berpesta di kelab malam sampai mabuk-mabukan.

Robert Mugabe  © 2017 cnn.com

foto: CNN