Brilio.net - Ada kabar gembira nih buat para gamers bertepatan dengan perhelatan akbar olahraga Asian Games 2018. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Asian Games, eSports masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada perhelatan Asian Games tahun ini, eSports masuk menjadi ajang eksibisi. Artinya medali Asian Games 2018 yang diperebutkan tak akan dihitung.

Nah, panitia Asian Games Indonesia, INASGOC mengumumkan secara resmi bahwa Arena of Valor (AOV) menjadi game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang akan dipertandingkan dalam Asian Games ke-18 ini lho. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa game tersebut sedang populer dan memiliki jumlah pemain yang cukup besar baik di Asia maupun dunia. Saking populernya, pada akhir tahun 2017 lalu, Google Play menobatkan Garena AOV sebagai salah satu permainan terpopuler lho.

Lalu apa sih yang bikin AOV digilai para gamers? AOV ini memiliki grafis dengan kualitas HD, juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memukau, stabil, responsif, dan support ke hampir seluruh chipset.

Mau tahu keistimewaan lain AOV? Yuk, langsung simak ulasan brilio.net yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/8), berikut ini.

1. AOV dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game di ajang International Mobile Gaming Award (IMGA) 2018.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: androidpolice.com

Meski baru dirilis pada 26 November 2015 lalu, AOV berhasil mengukuhkan diri sebagai game MOBA terbaik. Game yang disalurkan oleh Garena ini bahkan dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game lho. Penghargaan tersebut diraih AOV dalam ajang 14th International Mobile Gaming Awards (14th IMGA) Global yang diadakan di San Franscisco, Amerika Serikat pada 20 Maret 2018 lalu. IMGA Global merupakan ajang pemberian penghargaan bagi game-game mobile berkualitas di seluruh dunia yang sudah ada sejak tahun 2004 silam.

Penilaian ini nggak cuma seberapa laris game tersebut aja lho guys, melainkan juga dilihat dari orisinalitas, inovasi, serta seluk beluk proses pembuatan game itu sendiri. Sementara itu sistem penilaiannya pun hanya dilakukan juri-juri profesional yang punya pengalaman di industri game minimal 5 tahun dan juga harus paham tentang game engine.

2. Hadirkan Wiro Sableng sebagai hero lokal pertama.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: Garena

Untuk pertama kalinya, game AOV mendatangkan hero baru dari Indonesia yang diluncurkan pada event Untukmu Indonesiaku. Karakter baru yang bisa dimainkan nanti adalah Wiro Sableng. Tepatnya pada 28 Agustus mendatang, para pemain yang telah menyelesaikan misinya bisa mendapatkan karakter hero Wiro Sableng gratis secara permanen sampai tanggal 30 September.

Menariknya, nggak cuma menampilkan sosok jagoan asli Indonesia itu, Garena AOV Indonesia juga menunjuk Vino G Bastian, aktor pemeran Wiro Sableng sebagai pengisi suara hero yang identik dengan Kapak Maut Naga Geni 212 tersebut. Kece banget, kan?

3. AOV telah dimainkan lebih dari 160 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: mashable.com

Jika kamu perhatikan saksama, di tiap sudut kafe atau tempat nongkrong lainnya, kamu bisa menemukan dengan mudah orang yang tengah memainkan game ini. Yup, saat ini AOV memang populer di antara para gamers Indonesia. Eits, tak cuma di Indonesia aja, AOV juga digilai para gamers di seluruh dunia lho.

AOV menjadi salah satu mobile MOBA terfavorit di dunia. Hal ini terbukti dengan masifnya perkembangan jumlah pemain yang meningkat tajam. Bahkan setiap bulannya AOV telah dimainkan lebih dari 160 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Makanya, Jangan Salah, Pilih AOV.

4. Interaktif dengan para pemain.

Hadir sebagai game yang difavoritkan para gamers, AOV rupanya juga menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna media sosial lainnya lho. Hal ini disebabkan AOV memiliki fitur di mana para pemain bisa saling berinteraksi dengan pemain lainnya di seluruh Indonesia. Misalnya dengan mengajak mereka dalam ajang “Jangan Salah, Pilih AOV! Meme Challenge” yang seru abis. Lewat challenge tersebut, para pemain diajak membuat meme dengan tema Jangan Salah, Pilih AOV.

Buat kamu yang ketinggalan Meme Challenge, kamu bisa ikutan “Jangan Salah, Pilih AOV! Photo Challenge”. Kontes ini berlangsung sampai tanggal 30 Agustus. Yuk, upload foto kamu sekarang! Siapa tahu kamu bisa jadi salah satu juara yang beruntung untuk mendapatkan hadiah menarik dari AOV.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: Instagram/@garenaaovid

Seru banget kan game AOV ini? Bikin nggak sabar ingin melihat Timnas Indonesia berlaga di pertandingan Asian Games pada 26 Agustus nanti, ya.

Nah, menjelang dipertandingkan, AOV pun menggelar campaign Asian Games-nya untuk mengajak serta masyarakat mendukung Timnas AOV Indonesia dalam acara CFD di Jakarta. Lewat acara tersebut, AOV menyerukan tagline Gamer Bersatu, Ukir Sejarah Baru dan Jangan Salah, Pilih AOV.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: Via8

Tak tanggung-tanggung, di lokasi mobile showcase AOV saat CFD itu terdapat van beserta photo booth lho. Tak ketinggalan hadir pula para cosplayer hero dalam game AOV seperti Batman, Superman, The Flash, Fennik, Alice dan masih banyak yang lainnya. Bahkan ada juga cosplayer hero terbaru AOV yang tak lain adalah Wiro Sableng.

Selain ada photo booth, AOV juga menyediakan permainan Fortune Wheel bagi pengunjung dengan ribuan hadiah. Mulai gantungan kunci, tote bag, t-shirt, topi, voucher game, power bank, serta handphone Redmi 5 tersedia sebagai grand prize. Untuk mencoba permainan tersebut, pengunjung harus berfoto di photo booth area atau berfoto sekitar lokasi mobile showcase bersama cosplayers AOV.

Dipertandingkan di Asian Games 2018, ini 4 keistimewaan AOV berbagai sumber

foto: Via8

Setelah itu, pengunjung harus mengupload foto tersebut ke Instagram dengan menyantumkan hashtag #JanganSalahPilihAOV #AOVAsianGames. Jika sudah, pengunjung bisa memutar fortune wheel. Jika jarum fortune wheel berhenti di papan bertuliskan JANGAN SALAH, PILIH AOV atau AOV ASIAN GAMES, pengunjung dapat memilih hadiahnya dengan memilih 1 kertas bertuliskan hadiah dari dalam lucky fish bowl. Acara yang berlangsung meriah ini pun sukses menyedot perhatian orang-orang yang ada di CFD. Untuk tahu keseruan eventnya, yuk cek video di bawah ini: