Brilio.net - Istilah generasi sandwich saat ini tengah banyak diperbincangkan. Generasi sandwich sendiri adalah suatu kondisi dimana seseorang harus menyeimbangkan kebutuhan dan tanggung jawab ganda dari sebuah keluarga yang terdiri dari anak dan istri/suami dengan keluarga lainnya seperti orang tua atau saudara.

Tanggung jawab ini bisa mencakup perawatan fisik, emosional, finansial, dan dukungan lainnya. Maka dari itu, keadaan mereka terasa seperti terjepit layaknya 'sandwich'.

Dalam perjalanan menjadi generasi sandwich, sebagian orang merasa keberatan. Pasalnya, keadaan ekonomi orang tak menentu. Ada yang harus menanggung dua keluarga dengan gaji pas-pasan.

Masalah ini juga dikeluhkan oleh seorang ibu rumah tangga pemilik akun TikTok @la_ola09. Lewat unggahan video, ia membagikan curhatan terkait kondisi pilunya punya suami yang merupakan sandwich generation.

"Kalau gak nikah sama kamu, aku gak tahu gimana rasanya jadi sandwich generation," tulisnya memulai curhatan seperti dikutip brilio.net dari TikTok @la_ola09, Senin (25/9).

Ia bercerita jika gaji sang suami selalu habis untuk membiayai hidup orang tua bahkan keponakannya. Bahkan, saat persiapan pernikahan, wanita yang diketahui bernama Ariska ini harus rela menjual motor untuk menambah biaya.

wanita punya suami generasi sandwich © TikTok

foto: TikTok/@la_ola09

Saat foto prewedding, Ariska dan suami meminta bantuan temannya untuk mengabadikan momen supaya hemat biaya. Ia pun mengaku bahagia dan terharu karena bisa mempunyai kenang-kenangan.

Ariska juga bercerita jika keluarga dari pihak suaminya sama sekali tidak membahas tentang rencana pernikahan. Ia menduga jika keluarga suami tidak mau keluar biaya sedikitpun. Mirisnya, pas hari H acara pernikahan mertuanya tidak datang.

"Di sini keluarga kamu gak ada pembahasan tentang nikah, malah nyuruh nikah di kampung bapakku di Ngawi, karena mungkin gak mau keluar biaya sepeserpun, bahkan pas nikah di kampungku orang tua kamu gak ikut mengantar wkwkwk sad ya," ujarnya kecewa.

wanita punya suami generasi sandwich © TikTok

foto: TikTok/@la_ola09