×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Yuk, pahami nilai Pancasila dan tanamkan dalam diri

0

Serius

Yuk, pahami nilai Pancasila dan tanamkan dalam diri

Foto: ibnuamaru dari Pixabay

Kita harus dapat memahami dan mengamalkan semua sila yang ada dalam Pancasila.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

M. Fauzan Al Zamzami

27 / 07 / 2021 15:43

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki beragam perbedaan. Perbedaan dalam berbagai hal ini dapat menjadi kelemahan bagi Indonesia. Untuk menyatukan perbedaan tersebut dibutuhkan satu pandangan yang dapat menyatukan perbedaan yang ada. Pandangan tersebut adalah Pancasila yang memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Pancasila merupakan pandangan hidup bagi masyarakat Indonesia. Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai yang paling baik dan cocok bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai tersebut berasal dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia sejak dulu yang harus kita pahami dan amalkan dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap aktivitas yang kita lakukan harus mencerminkan nilai yang ada dalam Pancasila.

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Kata "panca" berarti lima dan "sila" berarti dasar. Kata ini diambil dari kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca. Kelima sila yang ada dalam Pancasila adalah satu kesatuan utuh yang tidak dipisahkan. Apabila salah satu dipisahkan akan menjadi paham baru yang berbeda dengan Pancasila. Oleh karena itu, kita harus dapat memahami dan mengamalkan semua sila yang ada dalam Pancasila.

Sila pertama Pancasila dilambangkan dengan bintang. Sila ini berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" yang mengandung nilai Ketuhanan. Ini berarti bahwa bangsa Indonesia memercayai akan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya itu, sila ini mengajarkan kita untuk bertoleransi dalam beragama. Indonesia membebaskan masyarakatnya untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Sila ini diharapkan dapat menjadikan kita sebagai manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sila kedua Pancasila dilambangkan dengan rantai. Sila ini berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" yang mengandung nilai kemanusiaan. Ini berarti bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi adanya persamaan derajat bagi setiap manusia dan tidak dibeda-bedakan. Selain itu, setiap manusia juga harus diperlakukan sesuai harkat dan martabatnya. Sila ini diharapkan dapat menjadikan kita saling mencintai sesama manusia.

Loading...

Sila ketiga Pancasila dilambangkan dengan pohon beringin. Sila ini berbunyi "Persatuan Indonesia" yang mengandung nilai persatuan. Hal ini memiliki arti bahwa bangsa Indonesia harus bersatu walaupun memiliki banyak perbedaan dari mulai suku, ras, bahasa, dan masih banyak lagi. Ini juga sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sila keempat Pancasila dilambangkan dengan kepala banteng. Sila ini berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" yang mengandung nilai kerakyatan. Contoh penerapan sila ini adalah musyawarah untuk mencapai mufakat dan tidak memaksakan kehendak orang lain. Selain itu, kita harus mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Sila kelima Pancasila dilambangkan dengan padi dan kapas. Sila ini berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" yang mengandung nilai keadilan. Hal ini berarti seluruh masyarakat Indonesia berhak mendapat kesejahteraan. Hal ini merupakan tujuan bangsa Indonesia untuk menyejahterakan masyarakatnya. Sila ini diharapkan dapat menjadikan kita adil terhadap sesama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat kita praktikkan dalam kehidupan dimulai dari diri sendiri. Kita harus menjadi contoh bagi lingkungan sekitar kita dengan karakter seseorang yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Mulai dari hal-hal kecil seperti bermusyawarah dengan keluarga saat terjadi permasalahan, menolong tetangga di sekitar rumah, dan masih banyak lagi. Setiap kali kita mengamalkan nilai-nilai tersebut akan terasa manfaatnya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pancasila merupakan pandangan hidup yang cocok dengan masyarakat Indonesia karena terdapat seluruh aspek kehidupan yang terkandung dalam setiap sila. Apabila kita dapat memahami apa yang terkandung dalam setiap sila diharapkan dapat menjadikan kita sebagai masyarakat yang baik dan peduli terhadap bangsa. Hal ini dapat menjadikan kehidupan kita lebih bermakna dan bermanfaat bagi sesama. Untuk itu, marilah kita amalkan nilai-nilai yang ada dalam setiap sila pada kehidupan kita sehari-hari.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red