Kamu harus tahu bahwa sebenarnya kopi merupakan minuman yang sangat sehat. Kopi merupakan minuman yang sarat akan antioksidan dan juga nutirisi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kamu. Selain daripada itu, studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko penyakit serius yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang lain. Apa saja manfaat dari meminum kopi? Berikut ulasannya.

1. Kopi Dapat Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Siapa sangka ternyata kopi dapat membantu seseorang untuk lebih kuat dan meningkatkan tingkat energinya. Hal ini terjadi karena kopi mengandung suatu stimulan yang disebut dengan kafein. Kafein sendiri sebenarnya merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Bagaimana kafein bekerja?

Setelah kamu meminum kopi, kafein yang terkandung dalam kopi selanjutnya akan diserap ke dalam aliran darah. Darisana, kafein kemudian menuju otak.

Saat di otak, kafein menghambat neurotransmiter penghambat yang disebut juga dengan Adenosin. Saat hal itu sedang terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine dan dopamine meningkat, menyebabkan peningkatan penembakan neuron.

Banyak studi dilakukan pada manusia dan menunjukkan bahwa kopi ternyata dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Hal ini termasuk juga dengan memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, serta fungsi kognitif secara umumnya.

Kafein menghambat neurotransmitter penghambat di otak, yang menyebabkan efek stimulan. Hal ini meningkatkan tingkat energi, mood dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Kopi Bisa Membantu Anda Membakar Lemak

Kamu tahu? Kafein ternyata dapat ditemukan pada setiap iklan suplemen pembakar lemak. Hal ini tentu saja beralasan, kafein merupakan salah satu dari sekian zat alami yang sebenarnya telah terbukti untuk membantu pembakaran lemak. Bahkan, dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 3-11%.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada individu obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan meningkatkan tingkat metabolisme.

3. Kafein dapat secara drastis memperbaiki performa fisik

Kafein merangsang sistem saraf, menyebabkannya mengirim sinyal ke sel lemak untuk memecah lemak tubuh loh! Tapi kafein juga meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah. Adrenalin sendiri merupakan hormon "fight or flight", yang dirancang untuk membuat tubuh kita siap untuk tenaga fisik yang intens.

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuatnya tersedia sebagai bahan bakar. Dengan efek ini, tidak mengherankan jika melihat kafein itu bisa meningkatkan kinerja fisik rata-rata sebesar 11-12%. Karena itu, masuk akal untuk memiliki secangkir kopi yang kuat sekitar setengah jam sebelum kamu menuju ke gym.

Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak. Hal ini juga menyebabkan peningkatan kinerja fisik yang signifikan.

4. Ada Nutrisi Penting dalam Kopi

Kopi lebih dari sekedar air hitam. Banyak nutrisi dalam biji kopi membuatnya menjadi minuman akhir. Secangkir kopi berisi:

Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari RDA.
Asam Pantotenat (Vitamin B5): 6% dari RDA.
Mangan dan Kalium: 3% dari RDA.
Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari RDA.

Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, kebanyakan orang minum lebih dari satu cangkir per hari. Jika Anda minum 3-4, maka jumlah ini cepat bertambah.

Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk Riboflavin, Pantothenic Acid, Manganese, Potassium, Magnesium dan Niacin.

5. Kopi Dapat Menurunkan Resiko Diabetes Tipe II

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang sangat besar, yang saat ini menelan sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Hal ini ditandai dengan peningkatan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk mengeluarkan insulin. Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki signifikan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% untuk mendapatkan penyakit ini, satu penelitian menunjukkan penurunan setinggi 67%.

Menurut sebuah tinjauan besar yang melihat data dari 18 penelitian dengan total 457.922 individu, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7% penurunan risiko diabetes tipe 2 (7% 27 ).

Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko terkena diabetes tipe II yang jauh lebih rendah, penyakit serius yang saat ini menimpa sekitar 300 juta orang di seluruh dunia.

6. Kopi Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit pelupa atau Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun. Sayangnya, tidak ada obat yang dikenal untuk penyakit Alzheimer.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah agar penyakit tidak muncul. Selain dengan membiasakan makan sehat dan berolahraga, minum kopi juga bisa sangat efektif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer yang jauh lebih rendah, yang merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia.

7. Kafein menurunkan risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat setelah penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak. Sama seperti dengan Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui, yang membuatnya lebih penting untuk fokus pada pencegahan.

Dalam studi, peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan penurunan risiko berkisar antara 32-60%. Dalam kasus ini, nampaknya kafein itu sendiri yang menyebabkan efeknya. Orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki risiko Parkinson yang lebih rendah.

Intinya: Peminum kopi memiliki risiko 60% lebih rendah terkena penyakit Parkinson, gangguan neurodegeneratif kedua yang paling umum.

8. Kopi Muncul Memiliki Efek Pelindung pada Hati

Hati adalah organ yang menakjubkan yang menghasilkan ratusan fungsi penting dalam tubuh. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan lainnya. Banyak dari penyakit ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis, dimana hati sebagian besar telah digantikan oleh jaringan parut.

Ternyata kopi bisa melindungi dari sirosis. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir per hari memiliki resiko 80% lebih rendah.

Intinya: Peminum kopi memiliki risiko penyebaran sirosis yang jauh lebih rendah, yang dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang mempengaruhi hati.

9. Kopi Bisa Melawan Depresi dan Membuat Anda Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan jiwa yang serius yang menyebabkan kualitas hidup berkurang secara signifikan. Ini sangat umum dan sekitar 4,1% orang di AS saat ini memenuhi kriteria depresi klinis.

Di sebuah Studi Harvard yang dipublikasikan pada 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Studi lain dengan 208.424 individu menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk melakukan bunuh diri. Wow!

Kopi tampaknya menurunkan risiko terkena depresi dan secara dramatis dapat mengurangi risiko bunuh diri.

10. Peminum Kopi Memiliki Risiko Rendah Beberapa Jenis Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian di dunia dan ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Kopi tampaknya melindungi dua jenis kanker, yakni: kanker hati dan kanker kolorektal.

Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia, sedangkan kanker kolorektal menempati urutan keempat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati sebesar 40% lebih rendah.

Satu studi dari 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko kanker kolorektal 15% lebih rendah.

Kanker hati dan kolorektal adalah penyebab utama kematian ke-3 dan ke-4 di seluruh dunia. Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terhadap keduanya.

11. Kopi Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung dan Turunkan Risiko Stroke

Seringkali diklaim kafein bisa meningkatkan tekanan darah. Ini benar, tapi pengaruhnya kecil (3-4 mm / Hg) dan biasanya hilang jika kamu minum kopi secara teratur. Namun, efeknya mungkin bertahan pada beberapa orang, jadi ingatlah bahwa jika kamu memiliki tekanan darah tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko penyakit jantung yang berkurang. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke sebesar 20% lebih rendah.

Kopi dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah ringan, yang biasanya berkurang seiring berjalannya waktu. Peminum kopi tidak memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, namun risiko stroke sedikit lebih rendah.

12. Kopi Dapat Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Mengingat bahwa peminum kopi cenderung tidak terkena banyak penyakit, masuk akal bila Kopi bisa membantu Akamu hidup lebih lama. Sebenarnya ada beberapa penelitian observasional yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian 20% lebih rendah pada pria dan 26% lebih rendah risiko kematian pada wanita, selama periode 18-24 tahun. Efek ini tampaknya sangat kuat pada penderita diabetes tipe II. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang meminum kopi memiliki risiko kematian 30% lebih rendah selama masa studi 20 tahun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama dan memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.

13. Kopi adalah Sumber Antioksidan Terbesar dalam Diet Barat

Bagi orang yang makan makanan standar Barat, kopi sebenarnya bisa menjadi aspek makanan sehat. Itu karena kopi mengandung sejumlah besar antioksidan.

Sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang mengerti lebih banyak antioksidan yang berasal dari kopi dibandingkan buah dan sayuran.

Itulah tiga belas manfaat kopi untuk kamu. Jadi, udah ngopi belom?