Apa yang kalian dengar ketika mendengar nama Gurun Sahara? Panas,tempat paling panas dan luas dimuka bumi? yup emang, Gurun Sahara adalah salah satu tempat terpanas dan terluas padang pasirnya di muka bumi ini, terbentangdariSamudra AtlantikkeLaut Merah. DariLaut Tengahdi utara sampai keSaheldi sebelah selatan. DariMauritaniadi sebelah barat keMesir. Gurun Sahara memiliki luas sekitar 9juta kilometer persegi.

Gurun Sahara diselimuti salju, ini penjelasan ilmiahnya

Namun baru-baru ini terjadi fenomena unik,yaitu ditempat paling panas di bumi ini,malah terjadi turun salju, yup salju telah menghujani kawasan gurun tersebut,salju turun di Gurun Sahara didaerah perbukitan Ain Sefra,Aljazair pada hari minggu (07/01/2018) dan salju menutupi kawasan perbukitan tersebut setebal 40cm.

dilansir dari halaman berita www.independent.co.uk ,salju pertama kali turun di kawasan Ain Sefra pada tahun 1979, dan menurut salah satu juru bicara pengamat cuaca setempat di Ain Sefra mengatakan, udara dingin dari selatan yang bergerak ke Afrika utara selama sepekan dan ditambah lagi tekanan udara tinggi dari Eropa, tekanan udara yang tinggi tersebut menyebabkan udara dingin menyebar semakin jauh ke selatan, melebihi tekan udara normal. ujar juru bicara pengamat cuaca tersebut.

Kota Ain Sifra sendiri berada di perbukitan dengan ketinggian 1000meter diatas permukaan laut,suhu di kota tersebut rata berkisar ketika di musim panas suhu tertinggi tercatat sebesar 37 derajat celcius,dan suhu terendah di kawasan tersebut tercata minus 10 derajat celcius.