Kecanggihan teknologi sekarang ini sudah cukup luar biasa. Terbukti dengan hadirnya penemuan-penemuan baru, yang berhasil memberikan dampak yang luar biasa terhadap peradaban manusia saat ini. Namun dibalik keberhasilan tersebut tentu tidak dapat dipungkiri, bahwa juga tersimpan bahaya yang cukup besar dari hadirnya teknologi tersebut. Salah satunya hadir dari teknologi Komputer berupa VIRUS.

Virus Komputer adalah program komputer yang bersifat merusak dan mengganggu kerja komputer itu sendiri. Misalnya menghapus dokumen, menduplikat file, mencuri data atau bahkan melumpuhkan Komputer yang terinfeksi. Lalu apakah mungkin Virus Komputer juga dapat menyerang manusia?, berikut pembahasannya.

Virus Manusia

Virus yang menyerang manusia disebut virus biologis, virus biologis ini memiliki wujud yang sangat kecil dan menyimpan bahan genetik berupa DNA atau RNA yang diselubungi protein yang disebut kapsid. Nah meskipun memiliki DNA ataupun RNA. Virus tidak digolongkan sebagai mahluk hidup tetapi disebut parasit obligat.

Virus biologis ini sangat merugikan sebab dapat merubah sifat genetik suatu mahluk hidup atau dengan kata lain, dapat merusak sistem tubuh. Penyebarang virus ini dapat melalui udara, sentuhan, ataupun makanan.

Virus Komputer

Dikutip dari Wikipedia, Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Dengan melalui penyebaran Flash Disk, Software, Internet ataupun diciptakan dengan sengaja.

Apakah mungkin Virus Komputer juga dapat menyerang manusia?

Mungkinkah virus komputer menginfeksi tubuh manusia? Ini penjelasannya

Dari kedua pembahasan tersebut diatas. Maka sudah jelas bahwa Virus Komputer sangat berbeda dengan Virus Manusia. Virus Komputer hanya berupa program komputer semata, hanya berwujud digital yang berdampak pada komputer saja. Sedangkan, Virus Manusia adalah virus yang menyerang manusia dan merusak sistem tubuh.