Sebuah baliho berukuran besar terpasang di persimpangan jalan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Baliho tersebut mengandung pesan kepada masyarakat agar jangan buang air besar di sembarang tempat. "OJO NGISING SEMBARANGAN!! AYO NGISING NOK KAKUS (WC)." Artinya, jangan buang air besar sembarangan, buanglah air besar di WC.

Baliho larangan BAB di sembarang tempat ini bikin warganet mikir keras

Baliho tersebut rupanya dibuat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Ini tampak dari kop di bagian atas baliho yang memasang logo Kabupaten Demak dan Kementerian Kesehatan RI. Di samping kanan-kiri baliho itu terdapat gambar bupati dan wakil bupati Demak, H.M. Natsir dan Drs. H. Joko Sutanto.

Pesan yang disampaikan dalam baliho mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Ini tertuang dalam sebuah gerakan yang disebut dengan GERMAS, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Program ini digagas oleh Kementerian Kesehatan RI, dan berlangsung di berbagai Kabupaten/ Kota di Indonesia.

Namun begitu, ternyata muncul persepsi yang berbeda dari warganet. Ada yang menangkap makna dari "Menuju Demak Bebas Buang Air Besar Sembarangan" adalah bahwa orang justru bebas-bebas saja mau BAB di mana saja.

Baliho larangan BAB di sembarang tempat ini bikin warganet mikir keras

Kalau kamu sendiri, menangkapnya gimana?