×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Turunkan kadar stres dengan memiliki hewan peliharaan di rumah

0

Binatang

Turunkan kadar stres dengan memiliki hewan peliharaan di rumah

Hewan peliharaan bisa menjadikanmu betah di rumah saja, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ADI PRATAMA PUTRA

06 / 05 / 2020 10:50

Virus Corona sudah berkunjung ke Indonesia sejak awal tahun. Perlahan lahan makin banyak orang Indonesia yang terjangkit virus ini. Masyarakat Indonesia diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak penting. Mungkin kamu tidak bisa bertemu dengan teman-teman, nongkrong, malam mingguan atau melakukan kegiatan lainnya. Tapi jangan cemas, hewan peliharaanmu bisa menjadi alternatif.

Hewan peliharaan bisa menjadikanmu betah di rumah saja. Contoh hewan yang mungkin kamu gemari adalah kucing. Tingkah lucu dan manjanya bisa menghiburmu, bahkan kucing bisa menjadi temanmu bermain di rumah. Selain bisa menghibur, memelihara kucing di rumah juga memiliki manfaat lain, lho.

1. Menurunkan stres dan tekanan darah.

Dilansir dari Health Fitness, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota’s Stroke Institute Minneapolis menyatakan bahwa memelihara kucing dapat menurunkan potensi kenaikan tekanan darah sampai 30-40%. Interaksi antara pemilik dengan kucingnya menimbulkan rasa tenang dan bahagia, sehingga kadar stres dapat dihindari. Mungkin kamu bisa bermain dengan si kucing, bahkan mengelus badan si kucing sehingga menimbulkan gerakan kucing yang bisa membuat kamu gemas dan tertawa. Dengan terjaganya tekanan darah dan kadar stres, si pemilik kucing akan jauh dari potensi penyakit seperti jantung dan stroke karena kadar tekanan darah yang normal dan terhindar dari stres.

2. Meringankan depresi.

Loading...

Depresi bisa datang ketika masalah terus melanda seseorang. Tiap hari manusia pasti dilanda masalah, bahkan tidak sedikit orang mengira bahwa hidup adalah masalah. Hal tersebut memengaruhi hati dan memicu kecemasan yang dapat menimbulkan efek negatif yang membuat badanmu sakit dan kamu pun galau.

Namun jika kamu punya kucing di rumah, apalagi kucing itu dari ras yang sangat terkenal seperti ras maincoon, Persia, Himalaya dll, tentu suasana akan menjadi berbeda. Memelihara kucing ternyata bermanfaat untuk menghilangkan depresi.

Dilansir dari peneliti di University of Michigan, ia menyimpulkan bahwa setelah melakukan penelitian pada 2.000 orang di Amerika Serikat pada usia 50-80 tahun yang memiliki persentase 55% memiliki binatang peliharaan salah satunya adalah kucing menyatakan 90% responden menyatakan peliharaan mereka mereka membantu membuatnya menikmati hidup dan merasa dicintai. Bahkan 80% menyatakan keberadaan hewan membantu untuk mengurangi stres.

Nah, itu tadi manfaat mempunyai binatang peliharaan di rumah. Mungkin terkadang sikapnya membuatmu jengkel, akan tetapi perilaku menggemaskan bisa menyingkirkan rasa kesal, stres, dan depresi kamu. Tetap di rumah saja dan jangan pergi jika tidak mendesak karena ketertibanmu dapat membantu agar wabah Corona ini segera berakhir.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red