Mom, ternyata menurut American Academy of Pediatrics, salah satu olahraga yang bisa mendukung pertumbuhan fisik dan sosial anak adalah senam gymnastic. Olahraga atau aktivitas fisik ini sudah dianjurkan dilakukan pada anak di usia 2 tahun ke atas.

Gymnastic merupakan senam yang memberikan serangkaian gerakan komprehensif yang memadukan kekuatan, kelenturan, kecepatan, keseimbangan, koordinasi gerak, kekuatan, dan disiplin.

Aktivitas fisik seperti gymnastic sangatlah penting, selain sebagai hiburan, juga bermanfaat untuk proses tumbuh kembangnya. Masih ragu mendaftarkan Si Kecil pada gymnastik? Yuk, cari tau manfaatnya!

Melatih Keseimbangan & Fleksibilitas Tubuh
Gymnastic mampu melatih keseimbangan tubuh pada Anak. Gerakan dari senam ini mampu melatih otot-ototnya menjadi lebih kencang, lebih lentur, membangun kekuatan, hingga mendukung anak untuk memiliki postur tubuh yang lebih baik.

Meningkatkan Konsentrasi Anak
Anak-anak akan diajak melakukan beberapa gerakan senam. Selain mempraktekkannya, anak juga membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menghapal setiap gerakan dan urutannya. Anak pun dituntut untuk fokus dan tekun.

Menjadikan Anak Lebih Mandiri dan Disiplin
Anak akan terbiasa belajar untuk mengikuti instruksi atau arahan pengajar dalam melakukan tiap gerakan. Mereka akan dilatih mendengar, belajar, mempraktikan, serta bertanggung jawab melakukan instruksi tersebut.

Memampukan Anak Bersosialisasi
Anak-anak diajak terlibat dan bekerjasama dengan teman-temannya saat sedang berada di dalam kelompok senam. Buah hati Anda akan memahami dengan sendirinya apa itu sportivitas, kerjasama, kemenangan, dan pengertian jika suatu saat mengalami kekalahan.

Melatih Saraf Motorik Anak
Gerakan di dalam senam gymnastic mampu meningkatkan kinerja saraf motorik kasar anak. Mulai dari gerakan simpelseperti berlari dan melompathingga memutar tubuh akan baik untuk membangun kelincahan anak. Gymnastic membantu koordinasi motorik kasar anak. Dengan begitu anak akan memiliki kesadaran pada tubuhnya, termasuk bagaimana mengontrol dan mengkoordinasi setiap anggota tubuhnya. Berlatih gymnastic ini membutuhkan komitmen dan konsentrasi penuh. Dan dengan berlatih Gymnastic, Kepercayaan diri anak akan tumbuh.

Di kelas gymnastic, nantinya anak akan diajarkan oleh pelatih yang berkompeten di bidangnya dan semua pelatih memiliki prioritas yang sama, yaitu kenyamanan. Kelas gymnastic harus dibuat menyenangkan karena akan menjadi pengalaman positif bagi anak. Pelatih bisa memasang musik untuk pemanasan. Atau, gunakan gerakan-gerakan yang meniru binatang seperti lompat-lompat ala kelinci atau berjalan merangkak. Jangan khawatir, Mom karena setiap gerakan yang dilakukan anak berada dalam arahan dan pengawasan pelatih.
Seru banget ya,Mom kalau anak kita diikutsertakan di kelas Gymnastic!

Kalau mom tertarik mengenalkan dan mengajarkan anak senam gymnastic, coba kunjungi tempat yang menjadi rekomendasi di Surabaya berikut ini:
Zasis Gymnastic Club
Satu-satunya gymnastic club di Surabaya yang akan mengajarkan
Gayungsari Barat X26 Surabaya / Hubungi Oki - 082298683929