Makan daging merah secara teratur dapat secara signifikan meningkatkan risiko jenis kanker usus besar padawanita, sebuah penelitian telah ditemukan. Para peneliti dari University of Leeds di Inggris menilai apakah makanan daging merah, unggas, ikan, atau vegetarian dikaitkan dengan risiko kanker kolon dan rektum.

Ketika membandingkan efek dari diet ini terhadap perkembangan kanker pada subsitus spesifik dari usus besar, mereka menemukan bahwa mereka yang secara teratur makan daging merah dibandingkan dengan diet tanpa daging merah memiliki tingkat kanker usus besar distal yang lebih tinggi, yang ditemukan pada bagian menurun dari usus besar, di mana faeces disimpan.

Daging merah bisa meningkatkan risiko kanker usus, ini penjelasannya

Lebih dari 2,2 juta kasus baru kanker kolorektal, juga dikenal sebagai kanker usus, diharapkan di seluruh dunia pada 2030, menurut sebuah studi.

"Dampak dari berbagai jenis daging merah dan pola diet di lokasi kanker adalah salah satu tantangan terbesar dalam studi diet dan kanker kolorektal," kata Diego Rada Fernandez de Jauregui, dari University of the Basque Country di Spanyol.

"Penelitian kami adalah salah satu dari beberapa penelitian yang melihat hubungan ini dan sementara analisis lebih lanjut dalam penelitian yang lebih besar diperlukan, itu bisa memberikan informasi berharga bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker kolorektal dan mereka yang bekerja dalam pencegahan," kata Jauregui, penulis utama dari studi yang diterbitkan di International Journal for Cancer.

Lebih dari 2,2 juta kasus baru kanker kolorektal, juga dikenal sebagai kanker usus, diharapkan di seluruh dunia pada tahun 2030. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa makan banyak daging merah dan diproses meningkatkan risiko kanker kolorektal dan diperkirakan sekitar 1 dari 5 usus besar. kanker di Inggris terkait dengan makan daging ini. Namun, ada informasi yang tersedia terbatas tentang pola diet khusus dan lokasi kejadian kanker di usus.

Penelitian ini menggunakan data dari UK Women's Cohort Study, yang mencakup total 32.147 wanita dari Inggris, Wales dan Skotlandia. Selain melaporkan kebiasaan diet mereka, total 462 kasus kolorektal didokumentasikan dan dari 335 kanker usus besar, 119 contoh adalah kanker kolon distal. Studi ini mengeksplorasi hubungan antara empat pola diet dan kanker kolorektal dan analisis eksplorasi lebih lanjut meneliti korelasi antara diet dan koloni usus.

Daging merah bisa meningkatkan risiko kanker usus, ini penjelasannya

"Studi kami tidak hanya membantu menjelaskan bagaimana konsumsi daging dapat mempengaruhi bagian-bagian kolektum secara berbeda, itu menekankan pentingnya pelaporan makanan yang dapat diandalkan dari kelompok-kelompok besar orang," kata Janet Cade, dari Universitas Leeds.