Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Ia juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Bawang merah pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Selain itu, bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.


Dilansir dari manfaat.co.id (27/10/2017) satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar:
- 3 gram serat
- 15 gram karbohidrat
- 7 gram gula
- 0 gram kolesterol
- 64 kalori
- 2 gram protein dan 10%
- 0 gram lemak

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan, memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama-sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat bawang merah dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
1. Bagi kesehatan tubuh
2. Sebagai media pengobatan, salah satunya untuk mengobati Kutil atau Caplak.


Caplak
Pada dasarnya penyakit kulit ini tidaklah terlalu berbahaya dan tidak terlalu menyakitkan, bahkan terkadang kita tidak menyadari keberadaannya. Hanya saja memang cukup mengganggu pemandangan dan terkadang ketika munculnya di tempat-tempat yang sering digunakan untuk bergerak misal kaki agak sedikit menyakitkan, ketika tertekan keras akan menimbulkan rasa sakit seperti orang menginjak batu kerikil cukup keras. Bahkan terkadang kalau tidak sengaja terbentur pas pada posisi cuplak ini berada sakitnya terasa sampai ke ulu hati.

Sebenarnya menghilangkan penyakit ini tidaklah terlu sulit hanya butuh ketelatenan saja. Sebagaimana layaknya pengobatan-pengobatan penyakit pada umumnya.

Beginilah cara menghilangkan caplak dengan bawang merah:
1. Ambil bawang merah 1 siung saja
2. Potong bawang merah sehingga keluar airnya
3. Oleskan air bawang merah tersebut pada caplak
4. Dianjurkan mengoleskannya pada saat kulit atau caplak tersebut pada kondisi setelah terkena air (setelah mandi, wudhu, dan lainnya), karena pada saat-saat tersebut air bawang mudah meresap kedalam caplak.
5. Tidak harus memotong bawang pada posisi tengah. Supaya irit, bisa dipotong bagian ujung saja agar besoknya masih bisa digunakan.
6. Lakukan secara rutin sampai caplak hilang.
Begitulah cara menghilangkan caplak dengan bawang merah, semoga bermanfaat, terutama bagi yang mengalami penyakit kulit berupa caplak.