×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

0

News

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

Banyak istilah asing yang muncul saat debat Pilpres kedua, begini pengertian tiap istilahnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anisa Dwi Oktariani

25 / 02 / 2019 12:25

Pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 masih menjadi topik paling populer di masyarakat Indonesia hingga saat ini. Hal tersebut semakin menjadi saat debat pilpres kedua yang baru saja diselenggarakan pada 17 Februari lalu di mana banyak membahas istilah yang masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terlebih lagi saat Prabowo kebingungan dengan kata "unicorn" yang diucapkan oleh Jokowi, warganet pun ramai membahas hal ini hingga banyak meme yang bermunculan. 

Namun, tahukah kamu bahwa masih banyak istilah asing lain yang dibahas saat debat pilpres kedua kemarin? Bukan hanya unicorn loh! Mau tahu? Yuk kita bahas sama-sama!

1. Unicorn.

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

sumber: bangka.tribunnews.com

Loading...

Jika mendengar kata unicorn, mungkin kebanyakan orang akan tertuju pada kuda putih bertanduk tunggal di kepala yang menjadi karakter favorit anak-anak. Namun yang dimaksud saat debat pilpres kemarin bukanlah kuda, melainkan perusahaan startup.

Unicorn adalah sebutan yang ditujukan kepada Startup yang memiliki nilai ekonomi sebesar atau lebih dari 1 miliar dollar AS. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh investor pendiri Cowboy Ventures, Aileen Lee, dalam artikelnya yang berjudul “Welcome to The Unicorn Club” yang terbit di Techcrunch tahun 2013. Dalam artikel tersebut Aileen menyebut perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai sebesar 1 miliar dollar AS.

Indonesia sendiri saat ini telah memiliki empat startup unicorn, di antaranya Go-Jek dengan valuasi nilai sebesar 9,5 miliar dollar, Tokopedia dengan valuasi nilai sebesar 7 miliar dollar, Traveloka dengan valuasi nilai sebesar 4,1 miliar dollar, dan Bukalapak dengan valuasi nilai sebesar 1 miliar dollar.

 

2. Revolusi Industri 4.0.

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

sumber : liputan6.com

Jika kamu sering mengikuti perkembangan dunia teknologi, istilah ini sebenarnya tidak begitu asing. Pasalnya istilah ini sudah sangat sering dibahas, bahkan Presiden Joko Widodo sudah mengangkat isu ini berulang kali, salah satunya saat forum APEC di Papua Nugini pada tanggal 17 November 2018 yang lalu.

Revolusi Industri 4.0 adalah era di mana penggunaan dan pemanfaatan teknologi otomatisasi dengan infrastruktur berbasis internet dilakukan secara besar-besaran. Nah, dengan maraknya penggunaan internet, tentu mengubah pola hidup kita saat ini yang tentunya turut memengaruhi jalannya segala aspek kehidupan. Sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0?

 

3. Biodiesel B20 dan B100.

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

sumber : bpdp.or.id

Istilah Biodiesel B20 muncul saat moderator bertanya tentang strategi tata kelola sawit, sedangkan istilah Biodiesel B100 muncul saat Jokowi memberikan jawabannya. Biodiesel itu sendiri sebenarnya bahan bakar diesel yang berasal dari bahan organik seperti minyak tanaman atau lemak hewan.

Sedangkan Biodiesel B20 adalah bahan bakar yang kandungannya merupakan campuran antara 20% bahan organik dengan 80% bahan bakar minyak jenis solar. Sementara itu Biodiesel B100 merupakan bahan bakar yang seluruh kandungannya berasal dari minyak nabati atau tanaman, seperti sawit dan kemiri.

 

4. Konflik Agraria.

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

sumber : malangtoday.net

Kamu tentu sering mendengar berita tentang ributnya warga karena merasa dirugikan akibat adanya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, misalnya pembangunan jalan tol yang mengakibatkan warga di sekitarnya tidak lagi dapat memanfaatkan kekayaan alam di sana. Sebenarnya hal inilah yang dinamakan dengan Konflik Agraria. Konflik Agraria adalah konflik yang muncul akibat adanya pertentangan atau saling klaim untuk memperebutkan sumber daya alam, seperti tanah, lahan, perkebunan, dan lain-lain. 

 

5. Palapa Ring.

Tak hanya unicorn, 5 istilah asing ini muncul pada debat pilpres kedua

sumber : kppi.go.id

Dalam menanggapi jawaban Prabowo atas pertanyaan "unicorn-nya", Jokowi menyatakan bahwa saat ini ia telah membangun proyek Palapa Ring untuk mendukung unicorn-unicorn di Indonesia. Kalau yang dimaksud adalah "palapa" tentu kita semua tahu apa itu sebab palapa sendiri adalah satelitnya Indonesia. Namun kalau Palapa Ring mungkin sebagian orang masih banyak yang tidak tahu. Jadi yang dimaksud dengan Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi yang menggunakan teknologi serat optik yang akan dibentangkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Dengan adanya Palapa Ring ini diharapkan mampu membangun jaringan internet yang lebih efisien dan dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok daerah.

 

Wah, keren banget ya Debat Pilpres Kedua ini. Selain dapat melihat kemampuan para Calon Presiden, wawasan kita juga semakin bertambah akibat banyaknya istilah-istilah baru. Nah, sekarang sudah paham kan?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red