×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya lunpia, 9 kuliner khas Kota Semarang ini wajib dicicipi

0

Jalan-Jalan

Tak hanya lunpia, 9 kuliner khas Kota Semarang ini wajib dicicipi

9 hidangan kuliner khas Semarang ini wajib dicoba kalau lagi berwisata di Kota Semarang. Sudah pernah coba?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ES Prayogo

26 / 01 / 2019 10:17

Dikenal sebagai Kota Lunpia, tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kota Semarang tidak mencicipi ikon kuliner Semarang, yaitu Lunpia Semarang. Kota Semarang memang sejak dahulu sudah terkenal dengan kuliner satu ini, bahkan lunpia daerah lain pun tidak ada yang mampu menyaingi kelezatan dengan cita rasa khas dari lunpia khas Semarang. Salah satu lunpia yang terkenal di Kota Semarang adalah Lunpia Gang Lombok.

Tak hanya lunpia, Semarang menyimpan banyak rahasia kuliner lezat khas Semarang yang belum dikenal banyak orang. Apa saja?

1. Mie Kopyok.

Mie Kopyok

Kuliner yang satu ini harus kamu coba. Berbahan dasar mie dengan tambahan lontong, kerupuk gendar, tahu pong, kecambah, irisan sledri, dan tambahan kuah bawang serta saus kecap, siap bikin kamu ngiler. Kuliner khas Semarang ini sudah dikenal umum oleh masyarakat Semarang. Kuliner ini juga banyak digemari oleh masyarakat Semarang sendiri lho. Gimana, mau nyobain?

Loading...

 

2. Tahu Gimbal.

Tahu Gimbal

Hidangan kuliner ini diberi nama cukup unik, hal ini karena bahan dasar dari sajian hidangan adalah gimbal. Gimbal adalah sejenis gorengan bakwan yang berisi udang. Bahan-bahan lain dalam makanan ini yaitu lontong, telur, irisan kol, irisan sledri, kecambah dan tambahan saus kacang. Bikin ngiler gak sih?

 

3. Petis Kangkung.

Petis Kangkung

Hidangan kuliner satu ini merupakan sajian rujak khas Semarang yang hanya dapat ditemukan di Kota Semarang saja. Petis kangkung ini biasa dijajakan di warung-warung pecel di Semarang. Hidangan ini terdiri dari kangkung dan kecambah rebus yang ditambahkan saus petis dan buah-buahan segar seperti bengkoang, mentimun, dan nanas. Pasti kamu penasaran sama rasanya? Asli enak lho!

 

4. Nasi Ayam.

Nasi Ayam

Hidangan kuliner malam khas Kota Semarang ini cukup digemari oleh banyak orang lho. Rasa gurih manis dan sedikit pedas menjadikan sajian kuliner ini sangat cocok untuk memanjakan lidah kamu. Penyajian hidangan ini terdiri dari nasi, ayam suwir, sambal goreng, kuah opor dan tambahan lauk pauk, seperti sate, perkedel dan ayam goreng. Sajian kuliner ini hampir mirip dengan kuliner Nasi Liwet khas Solo, tapi rasa nasi ayam Semarang ini khas banget. Kamu harus cobain deh!

 

5. Babat Gongso.

Babat Gongso

Hidangan kuliner satu ini berbahan dasar babat sapi (jeroan sapi). Cara penyajianya, babat sapi ini dimasak dengan bumbu pedas manis yang rasanya nendang banget di lidah. Hidangan ini juga digemari oleh masyarakat Kota Semarang karena rasanya yang super enak. Berani coba?

 

6. Kepala Manyung.

Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala Manyung merupakan kuliner khas wilayah Pantura, Jawa Tengah, salah satunya Kota Semarang. Hidangan ini berbahan dasar kepala ikan manyung yang disajikan dengan bumbu mangut. Bayangin aja udah jadi pengen nyobain, bener kan guys?

 

7. Tahu Pong.

Tahu Pong Semarang

Hidangan ini merupakan salah satu rekomendasi kuliner khas Kota Semarang. Tahu Pong ini memiliki cita rasa khas berbeda dengan tahu-tahu pada umumnya yang dijual di pasaran. Penyajianya, tahu pong ini digoreng kemudian disajikan dengan sambal cocol berupa sambal kecap pedas. Pokoknya maknyus deh!

 

8. Bakmi Jawa Semarang.

Bakmi Jawa Semarang

Bakmi jawa Semarang merupakan hidangan kuliner malam khas Kota Semarang. Berbeda dengan bakmi jawa Jogja dan Solo, bakmi jawa Semarang memiliki rasa khas yang berbeda dengan bakmi jawa Jogja dan Solo. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sate bakar bumbu kecap dan kerupuk kedelai. Hidangan ini juga cukup digemari oleh masyarakat Semarang, sehingga untuk mencari warung bakmi jawa Semarang cukup mudah. Terlihat cukup lezat!

 

9. Soto Semarang.

Soto Semarang

Hidangan satu ini cukup dikenal banyak orang. Ya, Soto Semarang. Berbeda dengan soto Lamongan dan soto-soto lainnya, soto Semarang ini memiliki rasa yang berbeda dengan kuah yang bening. Penyajianya, Soto Semarang biasanya ditambahkan perasan jeruk nipis dan tambahan lauk pauk, seperti sate telur puyuh, sate kerang, sate ayam, perkedel, dan tempe goreng. Nggak kebayang deh enaknya!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red